Breaking News:

Berita Internasional

Ingin Bicara di PBB Taliban Tunjuk Dubes, Padahal Sudah Ada Utusan Pemerintah Afghanistan

Suhail Shaheen dinominasikan Taliban sebagai juru bicara untuk PBB sebagai utusan Afghanistan yang mereka kuasai. Selain itu, kelompok tersebut juga

Editor: m nur huda
DIMITAR DILKOFF/AFP](DIMITAR DILKOFF/AFP
Juru bicara Taliban Suhail Shaheen. 

TRIBUNJATENG.COM, KABULSuhail Shaheen dinominasikan Taliban sebagai juru bicara untuk PBB sebagai utusan Afghanistan yang mereka kuasai..

Selain itu, kelompok tersebut juga meminta untuk berbicara dengan para pemimpin dunia di depan Sidang Umum PBB.

Permintaan tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri Afghanistan yang diperintah Taliban, Amir Khan Muttaqi, melalui surat kepada Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres pada Senin (19/9/2021).

Muttaqi meminta Guterres agar dia bisa berbicara dalam Sidang Umum PBB.

Juru bicara Guterres, Farhan Haq, membenarkan surat Muttaqi itu sebagaimana dilansir Reuters, Selasa (23/9/2021).

Langkah itu memicu pertikaian dengan Ghulam Isaczai, duta besar PBB di New York yang mewakili pemerintah Afghanistan yang digulingkan bulan lalu oleh Taliban.

Haq mengatakan, permintaan Taliban untuk kursi PBB di Afghanistan telah dikirim ke komite kredensial sembilan anggota, yang anggotanya termasuk AS, China, dan Rusia.

Komite tersebut tidak mungkin bertemu mengenai masalah ini sebelum Senin, sehingga diragukan bahwa Muttaqi akan berbicara dalam Sidang Umum PBB.

Di sisi lain, usulan Taliban untuk menominasikan Shaheen sebagai duta besar Afghanistan untuk PBB merupakan upaya kelompok itu untuk mencari pengakuan internasional.

Jika Taliban mendapat pengakuan internasional, itu membantu membuka dana yang sangat dibutuhkan untuk ekonomi Afghanistan yang kekurangan uang.

Haq menambahkan, surat Taliban itu menyebutkan bahwa misi Isaczai dianggap selesai dan dia tidak lagi mewakili Afghanistan.

Kendati demikian, sampai keputusan dibuat oleh komite kredensial, Isaczai akan tetap di kursinya menurut aturan Majelis Umum.

Isaczai dijadwalkan untuk berpidato di hari terakhir Sidang Umum PBB pada 27 September, tetapi masih belum jelas apakah ada negara yang keberatan mengenai surat Taliban.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Taliban Tunjuk Duta Besar Afghanistan untuk PBB, Ingin Berbicara dalam Sidang Umum

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved