Breaking News:

Berita Pekalongan

BPBD Kota Pekalongan Antisipasi Banjir di Tirto dan Meduri-Randujajar

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekalongan masih melakukan kajian terkait antisipasi risiko bencana memasuki musim penghujan.

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekalongan masih melakukan kajian terkait antisipasi risiko bencana memasuki musim penghujan.

Menurut data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), puncak musim hujan Kota Pekalongan akan terjadi di bulan Januari 2022.

Sedangkan, wilayah Jateng diperkirakan memasuki musim hujan pada bulan Oktober dengan sifat musim hujan periode 2021-2022 yakni normal.

"Kami sudah koordinasi dan sinergi dengan TNI/Polri dan instansi terkait mengenai persiapan antisipasi musim hujan. Direncanakan bulan November kami akan adakan apel siaga seperti tahun lalu," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekalongan Saminta kepada Tribunjateng.com, Kamis (23/9/2021).

Saminta mengungkapkan, bahwa pihaknya tetap monitoring setiap hari dan koordinasi dengan BMKG untuk memperoleh informasi sebagai pedoman menentukan langkah antisipasi.

"Informasi dari BMKG kami jadikan pedoman untuk menentukan langkah-langkah dan melaksanakan koordinasi kepada pemangku wilayah baik camat, lurah dan sebagainya. Kami koordinasikan kondisi real setiap saat. BPBD, selalu siap siaga, apabila kemungkinan musim hujan maju lebih awal," ungkapnya.

Pihaknya menambahkan, ada beberapa titik rawan terjadi banjir, di antaranya di Kecamatan Pekalongan Barat seperti wilayah Tirto dan sepanjang pantai Meduri sampai Randujajar.

Selain itu, BPBD juga tengah berkoordinasi dengan PSDA untuk pengadaan tanah dan karung, sehingga jika terjadi banjir atau limpasan air ke permukiman warga dapat dibendung dengan tanggul sementara.

"Wilayah tersebut masih tetap menjadi perhatian kami dan wilayah Kecamatan Pekalongan Utara," tambahnya. (Dro)

TONTON JUGA DAN SUBSCRIBE :

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved