Breaking News:

Berita Pekalongan

Kota Pekalongan Harus Capai 50 Persen Target Vaksinasi Akhir Bulan September 2021

Pemkot Pekalongan berupaya mempercepat dan memperluas cakupan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat.

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Pemerintah pusat memutuskan untuk menjadikan cakupan vaksinasi, sebagai salah satu indikator penentu naik turunnya level PPKM suatu daerah.

Oleh karena itu, Pemkot Pekalongan berupaya mempercepat dan memperluas cakupan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat.

Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid mengatakan, pihaknya menargetkan untuk vaksinisasi di bulan ini sudah mencapai 50%.

"Jumlah capaian vaksinasi di Kota Pekalongan memang masih jauh dari target yang telah ditetapkan."

"Alhamdulillah sinergi semua baik Pemerintah, TNI, Polri, parpol, ormas semuanya sudah mengadakan vaksinasi. Walaupun berat untuk mencapai target 50 % di bulan ini, tetapi usaha kita adalah untuk mencapai herd immunity masyarakat Kota Pekalongan," kata Wali Kota Pekalongan Aaf panggilan akrabnya Wali Kota Pekalongan kepada Tribunjateng.com, Kamis (23/9/2021).

Aaf menjelaskan, berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 42 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, Level 3, dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali, penurunan level kab/kota dari Level 2 menjadi Level 1, dengan capaian total vaksinasi dosis pertama minimal sebesar 70 % dan capaian vaksinasi dosis pertama lansia minimal sebesar 60 %.

Menurutnya, saat ini stok vaksin di Kota Pekalongan sekitar 10 ribu dosis baik yang ada di Dinas Kesehatan, TNI, POLRI diprioritaskan untuk penyuntikan dosis kedua.

"Tetapi karena Kota Pekalongan belum mencapai 50%, arahan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kita harus menghabiskan stok yang ada terlebih dahulu, baru mengajukan kembali stok vaksin ke Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi untuk dosis kedua," jelasnya.

Aaf menambahkan, kasus Covid-19 di Kota Pekalongan saat ini sudah kondusif.

Jumlah pasien di RSUD Bendan hampir 0 %.

"Alhamdulillah semuanya sudah kondusif, kasus Covid-19 di Kota Pekalongan menurun dan jumlah pasien Covid-19 hampir 0 % di RSUD Bendan. Mudah-mudahan semuanya lancar, dan ketersediaan dropping vaksin dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi ini juga bisa berjalan baik," tambahnya.

(Dro)

TONTON JUGA DAN SUBSCRIBE :

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved