Breaking News:

Berita Kendal

Pemkab Kendal Kebut Sertifikasi 13.433 Bidang Tanah Akhir Tahun 2021

Pemkab Kendal mengebut sertifikasi 13.433 bidang tanah pada program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di sisa 2021.

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: Daniel Ari Purnomo
Humas Pemkab Kendal
Bupati Kendal, Dico M Ganinduto menyerahkan sertifikat tanah program PTSL kepada masyarakat, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) mengebut sertifikasi 13.433 bidang tanah pada program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di sisa 2021.

Jumlah tersebut masih menjadi PR Pemkab Kendal dari total target sertifikasi 65.433 bidang tanah sepanjang tahun ini.

Artinya, baru 52.000 bidang tanah yang telah disertifikasi, dan ditarget selesai pada November mendatang.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengatakan, dalam rangka mencegah terjadinya penyimpangan dalam pelaksanaan PTSL, pihaknya akan terus melakukan pengawasan yang ketat. 

Ia meminta kepada ATR BPN agar memberikan fasilitas terbaik kepada masyarakat Kendal.

Sebagai upaya mempermudah proses sertifikasi, kata Dico, sertifikasi tanah melalui PTSL mulai dilakukan secara elektronik. 

Total dari 568.000 bidang tanah aset pemerintah, kini baru 438.000 bidang yang terdaftar telah bersertifikat di BPN. 

"Kami pemerintah mendukung dan memastikan masyarakat bisa terfasilitasi sesuai dengan ketentuan yang ada," terangnya sebagaimana rilis tertulis yang diterima tribunjateng.com, Minggu (26/9/2021).

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Kendal, Agung Taufik Hidayat mengatakan, guna mengantisipasi agar tidak terjadi penyimpangan di lapangan, pihaknya akan lebih intensif melakukan sosialisasi ke masyarakat terkait PTSL dan ketentuan-ketentuannya.

Ia tidak ingin ada lagi kasus penarikan biaya PTSL melebihi batas yang sudah ditentukan. 

"Masalah PTSL di desa, adanya pungutan (liar, red). Tentunya kami akan merapatkan dan menguatkan sosialisasi kepada masyarakat terkait PTSL. Sehingga tidak ada lagi penarikan-penarikan yang melebihi ketentuan," ujarnya.

 Di sisi lain, lanjut Agung, BPN Kendal sudah melaunching aplikasi Loketku yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mendaftar PTSL secara online. (Sam)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved