Breaking News:

Rawan Aksi Jual, Harga Bitcoin Anjlok Gara-gara Larangan di China

penegasan larangan aset kripto di China oleh pemerintah setempat berisiko menyebabkan aksi jual bakal ramai-ramai dilakukan oleh investor.

Editor: Vito
Rawan Aksi Jual, Harga Bitcoin Anjlok Gara-gara Larangan di China
http://bitcoinboard.net/
Bitcoin

TRIBUNJATENG.COM, BEIJING - Transaksi aset kripto ilegal di China kembali ditegaskan oleh otoritas setempat.

Dilansir dari Bloomberg, Jumat (24/9/2021), bank sentral China, People Bank of China (PBoC), mengatakan, setiap transaksi yang berkaitan dengan mata uang kripto adalah ilegal dan harus dilarang di Negeri Panda.

Hal itu merupakan penegasan dari otoritas setempat untuk melarang setiap operasional industri mata uang kripto di China.

PBoC menyebut, semua mata uang kripto, termasuk di dalamnya bitcoin dan ethereum bukanlah uang fiat, dan dilarang untuk disirkulasikan di pasar.

Semua transaksi terkait dengan mata uang kripto, termasuk di dalamnya jasa yang disediakan oleh bursa luar negeri untuk pasar dalam negeri termasuk dalam kategori aktivitas keuangan ilegal.

Penegasan mata uang kripto dilarang di China itu membuat harga bitcoin anjlok hingga 5,5 persen pada perdagangan Jumat lalu.

Untuk diketahui, harga bitcoin pada  Jumat lalu anjlok 5,86 persen menjadi sekitar 41.106,98 dollar AS/keping atau sekitar Rp 583,70 juta. Bila dibandingkan dengan harga sepekan yang lalu, harga bitcoin anjlok 13,15 persen.

Sementara, harga ethereum anjlok lebih dalam, yakni sebesar 9,15 persen dalam sehari menjadi 2.786,89 dollar AS atau sekitar Rp 39,56 juta.

Head of Asia Pacific Luno Vijay Ayyar mengatakan, penegasan larangan aset kripto di China oleh pemerintah setempat berisiko menyebabkan aksi jual bakal ramai-ramai dilakukan oleh investor.

Di sisi lain, pasar global juga sedang khawatir mengenai krisis utang yang melibatkan pengembang properti raksasa China, Evergrande Group.

"Saat ini kondisi pasar kripto sedang mengkhawatirkan, karena komentar SEC serta keseluruhan kondisi pasar secara makro karena berita Evergrande. Sehingga, setiap tanggapan yang berkaitan dengan mata uang kripto bakal menyebabkan aksi jual untuk aset-aset berisiko," ujarnya. (Kompas.com)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved