Breaking News:

UIN Walisongo Semarang

Siapkan Program Internasional, UIN Walisongo Kaji Internasionalisasi di UAD dan UIN Sunan Kalijaga

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mempersiapkan program-program internasional untuk civitas akademika UIN Walisongo dan meningkatkan kerjasama...

Editor: abduh imanulhaq
UIN WALISONGO
Pusat Layanan Internasional UIN Walisongo Semarang melaksanakan benchmarking ke Ahmad Dahlan Global Engagement (ADGE) dan Center for Developing Cooperation and International Affairs (CDCIA) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Pusat Layanan Internasional UIN Walisongo Semarang melaksanakan benchmarking ke Ahmad Dahlan Global Engagement (ADGE) dan Center for Developing Cooperation and International Affairs (CDCIA) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada Kamis dan Jumat (23-24/9/2021).

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mempersiapkan program-program internasional untuk civitas akademika UIN Walisongo dan meningkatkan kerjasama internasional.

Strategi-strategi untuk meningkatkan kehadiran mahasiswa asing juga menjadi salah satu fokus kajian dengan tantangan yang harus dihadapi akibat pandemic Covid-19. walisongo.ac.id

Ahmad Syifaul Anam, Kepala Pusat Layanan Internasional UIN Walisongo menyampaikan silaturahmi ini tak hanya bermaksud mempelajari program-program internasional yang telah dilaksanakan oleh ADGE dan CDCIA.

"Kami juga berharap menjadi stepping stone untuk kolaborasi-kolaborasi dengan UIN Walisongo Semarang dalam pengelolaan kerjasama, kelas internasional dan mahasiswa asing,” jelasnya.

Menurutnya, PTKI dalam mencapai kesuksesan internasionalisasi lembaga tidak dapat bermain tunggal dan hanya berkompetisi antara satu sama lain dengan keterbatasan sumber daya yang dimiliki.

Kesuksesan untuk mencapai tujuan bersama dalam rangka mengembangkan pendidikan keagamaan akan lebih mudah dicapai dengan kolaborasi, utamanya berkaitan dengan program-program internasional.

“Kesempatan-kesempatan bersifat konsorsium harus banyak diikuti untuk mendapatkan mitra internasional. Pertemuan yang difasilitasi oleh lembaga tertentu, dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk berlanjut ke kerja sama program-program internasional lainnya,” ujar Dwi Santoso, Kepala ADGE.

Rahmi Tri Mei Maharani selaku Kabag. Kerjasama UIN Sunan Kalijaga menambahkan selama ini PTKIN memiliki kegiatan internasional masing-masing.

"Alangkah baik jika kita bekerja bersama-sama apalagi jika dibuka fasilitasi anggaran dari DIKTIS,” jelasnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved