Breaking News:

Berita Batang

Masuk Musim Penghujan, BPBD Batang Lakukan Koordinasi Mitigasi Bencana

BPBD Kabupaten Batang menggelar rapat koordinasi antisipasi musim penghujan di Aula Bupati, Kabupaten Batang, Senin (27/9/2021).

Penulis: dina indriani | Editor: moh anhar
TRIBUN JATENG/DINA INDRIANI
BPBD Kabupaten Batang menggelar rapat koordinasi antisipasi musim penghujan di Aula Bupati, Kabupaten Batang, Senin (27/9/2021). 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batang menggelar rapat koordinasi antisipasi musim penghujan di Aula Bupati, Kabupaten Batang, Senin (27/9/2021).

Kepala BPBD Kabupaten Batang Ulul Azmi mengatakan awal musim hujan pada tahun 2021 diperkirakan bulan Oktober, tetapi sudah mulai turun hujan akhir bulan September di beberapa Kota di Jawa Tengah, termasuk Kabupaten Batang sedangkan puncaknya bulan Januari dan Februari.

Baca juga: Fokus : Branding Pasar Johar

Baca juga: Agus Pensiunan Polisi Tembalang Jadi Manusia Silver Diseret Satpol PP: Awalnya Mereka Galak

“Panjang periode musim hujan paling pendek 5 bulan dan paling panjang 9 bulan beberapa wilayah Kabupaten Batang khususnya yang berada di dataran tinggi mengalami periode musim hujan yang panjang, untuk curah hujan yang diprediksi pada tahun 2021 normal,” terang Ulul Azmi.

Dikatakannya, yang harus diperhatikan saat peralihan musim panas ke musim penghujan biasanya terjadi hujan lebat secara tiba-tiba, sekarang ini sedang mengalami itu. 

Dalam menghadapi musim penghujan, pihaknya akan melakukan upaya mitigasi.

“Upaya mitigasi yang kita rencanakan pada musim penghujan diantaranya membersihkan aliran sungai, tidak membuang sampah di sungai, perbaikan tanggul kritis, memastikan tidak ada longsor yang menutup hulu di sungai, memangkas pohon yang rimbun atau lebat, pemantauan daerah rawan longsor secara rutin pada musim penghujan ini,” jelasnya.

Dia berharap semua pihak bersinergi untuk antisipasi musim penghujan ini meskipun kita tidak ingin ada bencana terjadi di Kabupaten Batang.

"Kita harus tetap waspada sesuai standar mitigasi agar sewaktu dibutuhkan sudah dipersiapkan dengan maksimal," imbuhnya.

Sementara, Wakil Bupati Batang Suyono mengatakan melihat tahun lalu di Kabupaten Batang di daerah bagian utara dan selatan harus diantisipasi pada musim penghujan karena rawan bencana banjir dan longsor. 

Baca juga: Pesawat Karavan Kargo Muatan Solar Tergelincir: Pesawat Rusak Parah, Baling-baling Melengkung

Baca juga: Perkuat Ekosistem Kewirausahaan, AKS Ibu Kartini Jalin Kerja Sama dengan Dunia Usaha dan Industri

Baca juga: Paguyuban Pedagang Lesehan dan PKL Jalan Ahmad Yani Kota Tegal Syukuran di Tempat Relokasi

“Titik-titik yang perlu diwaspadai terjadinya bencana saya kira semua daerah yang ada di Kabupaten Batang,  khusus untuk Kecamatan Batang kita harus mewaspadai dari dini untuk mengantisipasi banjir,” pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved