Breaking News:

Berita Jepara

Perubahan APBD Tahun Anggaran 2021 Disetujui DPRD, Bupati Jepara Sampaikan Terima Kasih

Ranperda tentang Perubahan APBD Kabupaten Jepara TA 2021 telah disetujui DPRD dalam rapat paripurna.

Penulis: Muhammad Yunan Setiawan | Editor: sujarwo
Dok. Humas Pemkab Jepara
Bupati Jepara Dian Kristiandi saat menyampaikan pandangannya di rapat paripurna di Ruang Rapat Paripurna DPRD Jepara, Senin (27/9/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, JEPARA - Rancamgan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Perubahan APBD Kabupaten Jepara Tahun Anggaran (TA) 2021 telah disetujui DPRD dalam rapat paripurna di Ruang Rapat Paripurna, Senin (27/9/2021).

Bupati Jepara Dian Kristiandi menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada anggota dewan yang telah menyikap dan mencermati perubahan APBD 2021 hingg akhirnya disetujui.

Pria yang akrab disapa Andi itu mengatakan, akan segera menindaklanjuti dengan mengirimkan rancangan perubaham anggaran tersebut kepada Gubernur Jawa Tengah.

"Mudah-mudahan Evaluasi Gubernur nantinya dapat berjalan lancar dan hasilnya segera kita peroleh sehingga Ranperda tersebut dapat ditetapkan menjadi Peraturan Daerah," ujar Andi saat menyampaikan pandangannya di depan anggota dewan.

Menurut Andi, perubahan APBD Tahun Anggaran 2021 ini mewadahi kebijakan pemerintah pusat dalam penggunaan dana APBD guna pencegahan penyebaran dan percepatan penanganan Corona Virus Disesase 2019 (Covid-19) dengan memperhatikan Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 17/PMK.07/2021 tentang Pengelolaan Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun Anggaran 2021. Hal itu  untuk mendukung lenanganan pandemi Covid-19 dan dampaknya.

Dalam peraturan itu pemerintah daerah mendapat amanat  melakukan perubahan alokasi, penggunaan dan penyaluran dana transfer dan dana desa.

Sehingga, dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Jepara melakukannya melalui rasionalisasi anggaran dan refocusing kegiatan. 

"Anggaran tersebut digunakan untuk mendukung program pemulihan ekonomi daerah yang digunakan untuk perlindungan sosial dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Perubahan anggaran ini juga memiliki arti penting bagi kelanjutan penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan program pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat," terangnya.

Dalam kesempatan itu, Andi mengajak  jajaran Eksekutif untuk terus meningkatkan kinerjanya, agar di sisa tahun anggaran yang ada, semua program dan kegiatan pembangunan bisa berjalan sesuai rencana.  

Sehingga, kata Andi, pemanfaatan anggaran pada Penetapan APBD Tahun Anggaran 2021 maupun Perubahan APBD Tahun Anggaran 2021 dapat berjalan secara optimal, efektif dan efisien. 

Andi juga berharap, bisa terjalin kerjasama yang harmonis sehingga pembangunan dapat terus dilaksanakan. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved