Breaking News:

Berita Jepara

Cerita Jimin Kelola Bengkel Motor Khusus Difabel Diapresiasi dari Bupati Jepara

Nama aslinya Rosikin, tetapi tetangga dan teman dekatnya telanjur akrab memanggilnya Jimin.

Penulis: Muhammad Yunan Setiawan | Editor: sujarwo
TRIBUNJATENG/YUNANSETIAWAN
Bupati Jepara Dian Kristiandi menjajal motor bebek roda tiga hasil karya Jimin. 

TRIBUNJATENG.COM, JEPARA - Nama aslinya Rosikin, tetapi tetangga dan teman dekatnya telanjur akrab memanggilnya Jimin.

Di lingkungan rumahnya Desa Lebak, Kecamatan Pakis Aji, Kabupaten Jepara, ia dikenal sebagai sosok laki-laki yang ulet, kreatif, dan tak pantang menyerah.

Hal itu dibuktikan dengan keberadaan bengkel motor khusus difabel di rumahnya.

Kepada Tribun Jateng, Jimin menceritakan bengkel itu berdiri sejak 2019. Saat itu ia  baru saja mengalami kecelakaan motor dan tulang kakinya patah.

Ia tidak bisa mengendarai sepeda motor karena kakinya tak lagi bisa menjangkau gas dan kopling. Untuk itu, ia berpikir bagaimana bisa merombak motor standar agak bisa dinaikan teman-teman difabel.

"Alhamdulillah sudah 17 teman difabel ke sini untuk servis motornya. Kepada mereka saya tak pasang tarif. Hanya saya suruh beli bahannya saja," kata Jimin, Selasa (28/9/2021).

Di tangan Jimin, motor roda dua entah bebek atau matik, dirombak dan ditambahi bodi di sebelah kiri dan ditambahi satu roda. Dengan roda tiga itu, teman-teman difabel bisa nyaman dan aman mengendarai sepeda motor.

Atas ketekunannya itu, ia mendapat apresiasi dari Bupati Jepara Dian Kristiandi.

Orang nomor satu di Jepara itu mendatangi langsung kediaman Jimin dan melihat sepeda motor hasil kreativitasnya.

Tak tanggung-tanggung, pria yang akrab disapa Andi itu juga menjajal satu motor bebel yang sudah dirombak Jimin. Menurut Andi, motornya memang nyaman untuk teman-temab difabel.

"Saya kira inu kreativitas yang luar biasa. Pemerintah akan mendorong upaya kreatif Jimin," kata Andi seusai mengendarai motor bebek roda tiga hasil karya Jimin.

Andi menyampaikan pemerintah akan mendukung Jimin jika ingin mengembangkan usahanya. Dia juga langsung memerintahkan dinas sosial untuk membantu Jimin mendapat tambahan modal.

Andi berharap nantinya usaha Jimin semakin maju dan dan bisa menginspirasi teman-teman yang lainnya.

"Pelajaran dari Jimin bahwa kekurangan dalam diri kita ini harus kita olah menjadi sebuah kekuatan. Buktinya ada yang sudah kita lihat," tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved