Breaking News:

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Mahasiswa UMP Purwokerto Ciptakan Robot SAR Dapat Selamatkan Korban dan Padamkan Api

Prestasi gemilang kembali diukir Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto lewat inovasi menakjubkan..

Editor: abduh imanulhaq
UMP PURWOKERTO
Tim mahasiswa Teknik Fakultas Teknik dan Sains, yakni Dio Yudha Saputra, Sigit Dwi Prayogo, Adinda Putri Apriliana, dan Muhammad Dhiya'Ul Haq S. 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Prestasi gemilang kembali diukir Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Banyumas, Jawa Tengah lewat inovasi menakjubkan.

Apalagi penemuan kali ini terbilang penting dan sangat dibutuhkan Indonesia, dengan kondisi geografisnya yang rentan bencana.

Mereka adalah tim mahasiswa Teknik Fakultas Teknik dan Sains, yakni Dio Yudha Saputra, Sigit Dwi Prayogo, Adinda Putri Apriliana, dan Muhammad Dhiya'Ul Haq S.

Keempat mahasiswa prodi Teknik Elektro tersebut berhasil menciptakan robot unik, canggih dan keren.

Robot ini mampu melewati rintangan dan mematikan api.

Robot ini juga bisa menyelamatkan korban yang berada dekat pada api.

“Robot ini kami namai Robot SAR 2021 adalah cabang dari Kontes Robot Indonesia (KRI). Diawali dengan adanya beberapa juara yang di dapatkan oleh tim robotik Universitas Muhammadiyah Purwokerto dalam kategori lomba ROBOT LINE TRACER tingkat provinsi maupun nasional,” kata Dio Yudha Saputra sebagai ketua tim, Selasa (28/9/2021).

Robot SAR 2021
Robot SAR 2021 (IST)

Dia menjelaskan, robot ini bisa berjalan menyusuri dan melewati setiap ruangan yang telah di berikan banyak rintangan.

Mulai dari ruangan untuk mendeteksi titik api untuk dipadamkan menggunakan sparyer air serta mencari korban untuk diselamatkan dengan cara membawa korban dan mencari ruang safety zone untuk meletakkan korban.

“Tim robotik Universitas Muhammadiyah Purwokerto memutuskan untuk menciptakan robot pemadam api/SAR untuk pertama kali dengan nama robot MJD (Mumtaz Jiddan). Dibuat serta sekaligus diikutsertakan pada Kontes Robot Indonesia pada cabang Robot SAR 2021 ini,” jelasnya.

Dio mengatakan, proses pengerjaan kurang lebih selama 3 bulan dibuat oleh tim robotik UMP serta bantu dan dibimbing oleh dosen Fakultas Teknik UMP.

“Kelebihan utama robot ini bergerak secara otomatis. Dari segi bentuk, robot ini mirip seperti laba-laba dan merupakan robot berkaki (bukan robot beroda) yang bergerak dengan cara melangkah sehingga dapat lebih menyesuaikan diri menghadapi rintangan. Dari segi fungsi, robot ini dapat mendeteksi dan memadamkan api serta mencari dan menyelamatkan korban,” jelasnya.

Kaprodi Teknik Elektro UMP Itmi Hidayat Kurniawan ST MEng mengatakan kegiatan robotika di UMP merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk menyalurkan dan mengembangkan Minat dan bakat mahasiswa di bidang robotika melalui wadah Robotic Study Club.

“Dengan adanya kegiatan robotika ini diharapkan bisa memotivasi mahasiswa untuk dapat menerapkan teknologi robotika dalam dunia nyata,” tandasnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved