Breaking News:

Guru Berkarya

Sistem Blok Efektifkan Pembelajaran Fisika

Jadwal blok disusun oleh Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum bekerja sama dengan Ketua Program Keahlian.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Mahzum SPd MSi, Guru SMKN 3 Kota Semarang 

Oleh: Mahzum SPd MSi, Guru SMKN 3 Kota Semarang

PROSES pembelajaran kelas X semester 1 SMK Negeri 3 Semarang pada tahun pelajaran 2021/2022 masih menerapkan  moda daring. Namun sistem penjadwalan mata pelajaran tahun  ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Penyusunan jadwal pelajaran menggunakan sistem blok, baik mata pelajaran umum maupun  kejuruan. Jadwal blok disusun oleh Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum bekerja sama dengan Ketua Program Keahlian.

SMK Negeri 3 Semarang memiliki 4 program keahlian, yang terdiri dari  teknik bangunan, teknik otomotif, teknik elektronika, dan teknik ketenagalistrikan. Masing-masing program keahlian menyediakan waktu blok untuk mata pelajaran fisika sebanyak 10 hari. Dengan demikian, guru mata pelajaran fisika dalam 1 semester hanya mengajar selama 40 hari. Berarti jumlah  pertemuan pembelajaran fisika berkurang, namun memiliki waktu pembelajaran yang lama.   

Berdasarkan analisis Komptensi Dasar (KD) mata pelajaran fisika semester ganjil,  dipilih KD 3.1, 3.3, dan 3.5 yang merupaka KD esensial sebagai bahan pembelajaran sistem blok secara daring. Topik yang disampaikan dari setiap KD serupa tetapi tidak sama untuk tiap kelas X di masing-masing program keahlian. Hal ini, untuk mendukung tercapainya kompetensi kejuruan pada masing-masing program keahlian sekaligus tercapainya tujuan pembelajaran fisika. Selain itu, dengan adanya koneksi antar topik fisika dan mapel kejuruan yang disampaikan dalam waktu yang cukup lama, akan menggugah semangat belajar siswa. Sehingga pembelajaran fisika menjadi efektif dan fleksibel.

Rahamani (dalam Gatiningsih,2020:2) berpendapat bahwa pembelajaran efektif  merupakan ukuran dari ketercapaian  tujuan pembelajaran melalui proses interaksi guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa.  Sementara itu, Masbahah (dalam Wibowo, 2019: 2) menyampaikan pendapat tentang jumlah pertemuan proses pembelajaran sistem blok. Dia berpendapat bahwa jumlah pertemuan proses belajar mengajar sistem blok  lebih sedikit dibanding non blok. Namun pertemuan pembelajaran tersebut dilaksanakan dalam waktu yang lebih lama sehingga dapat meningkatkan flexibilitas aktifitas instruksional.

Dengan sistem pembelajaran fisika secara blok, pembalajaran fisika menjadi  efektif. Keefektifan ini dapat dilihat dari berbagai sisi. Pertama, interaksi siswa dengan guru berjalan secara continow. Mulai hari pertama sampai hari terakhir walaupun topik materi yang disampaikan berbeda, namun siswa dapat berinteraksi dengan guru secara berkelanjutan terkait dengan kesulitan-kesulitan belajarnya.

Kedua, interaksi antar siswa menjadi intens dalam membahas suatu masalah. Waktu yang cukup lama dimanfaatkan oleh siswa untuk saling berineraksi  didalam kelompoknya secara daring. Ketiga hasil belajar siswa menunjukkan kompetensi yang cukup signifikan walaupun terdapat beberapa siswa yang harus remedial.

Selain efektif,  proses pembelajaran fisika juga menjadi fleksibel. Ini karena  waktu yang tersedia dalam proses pembelajaran yang lebih lama. Akibatnya: pertama, siswa lebih fokus dalam mempelajari konsep-konsep dan prinsip-prinsip fisika  sehingga siswa dapat memahami dan mendalami materi secara utuh. Kedua,  siswa bersemangat untuk belajar fisika dengan berusaha menuntaskan seluruh tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Ketiga siswa belajar sambil melakukan kegiatan-kegiatan pembelajaran  secara tuntas yang diselesaikan saat itu juga (learning by doing).

Pembelajaran fisika sistem blok memberi harapan pada guru dan siswa untuk selalu berinteraksi secara aktif dan berkelanjutan. Begitu juga sistem blok memberi waktu luang pada siswa dan guru untuk fokus belajar dan mengajar. Sehingga proses pembelajaran  fisika dengan  sistem blok menjadi efektif dan fleksibel. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved