Breaking News:

Berita Kendal

Pemkab Kendal Bikin Program 1 Desa 1 Embung: Sebar 117 Ribu Benih Ikan

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kendal melakukan penebaran 117 ribu benih ikan Nila dan Tawes di sejumlah embung dan sungai.

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: Daniel Ari Purnomo
Tribun Jateng/ Saiful Masum
Sejumlah orang menebarkan benih ikan nila dan tawes di embung Rowobranten, Kecamatan Ringinarum, Kabupaten Kendal, Rabu (29/9/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kendal melakukan penebaran 117 ribu benih ikan Nila dan Tawes di sejumlah embung dan sungai.

Sebanyak 65 ribu ekor ditebar di 4 titik perairan umum pada, Rabu (29/9/2021).

Sisanya bakal ditebar esok hari, Kamis (30/9/2021) di empat sungai dan dua embung.

Plt Kepala DKP Kendal, Hudi Sambodo mengatakan, restocking atau penebaran ikan dilakukan dengan memanfaatkan APBD 2021 senilai Rp 49 juta untuk mengembalikan fungsi perairan umum.

Pihaknya berharap, penebaran bibit ikan ini bisa mendukung pemulihan ekositem perairan umum sebagai tempat berkembang biak ikan air tawar.

Selain itu, upaya ini diharapkan bisa menjaga ketahanan pangan masyarakat dengan menyediakan ikan yang bisa dikonsumsi masyarakat. 

"Kita melihat bahwa perairan umum, dulu sejarahnya kita bisa dengan mudah mendapatkan berbagai jenis ikan dengan memancing. Nah, kita berupaya merubah ekosistem yang ada saat ini agar bisa kembali seperti semula dengan menebar benih ikan," terangnya usai melakukan oenebaran benih ikan di embung Rowobranten, Kecamatan Ringinarum.

Beberapa lokasi yang menjadi pusat penebaran ikan di antaranya, sungai Desa Trayu, sungai Desa Sriwulan, embung Desa Margorejo, embung Desa Rowobranten, embung Desa Kertomulyo, sungai Desa Wonorejo, Sungai Blorong, Sungai Kendal, Sungai Sibeo Desa Sendang Dawung, dan embung Desa Kumpulrejo.

"Total 117 ribu ekor yang kita tebar di perairan umum. Biarkan ikan tumbuh besar dulu dan berkembang biak. Setelah itu bisa dimanfaatkan untuk kelengkapan makanan dengan cara yang ramah lingkungan," harap Hudi. 

Sementara itu, Bupati Kendal Dico M Ganinduto menegaskan, hadirnya embung di tingkat desa bisa membawa dampak positif bagi kemajuan Kendal.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved