Breaking News:

Astra Motor Jateng

Putus Cinta Itu Biasa Putus Rem Celakalah Kita, Pentingnya Pengecekan Rem Sebelum Berkendara

Minimal kita harus melakukan 3 pengecekan utama pada motor yaitu pada bagian roda, pada bagian rem, dan bagian lampu serta klakson.

Editor: abduh imanulhaq
ASTRA MOTOR JATENG
Kampas rem tromol (kiri) dan kampas rem cakram 

TRIBUNJATENG.COM – Dalam berkendara ada banyak hal yang harus kita cek untuk memastikan motor dalam kondisi terbaik sebelum beraktivitas.

Minimal kita harus melakukan 3 pengecekan utama pada motor yaitu pada bagian roda, rem, dan lampu serta klakson agar berkendara tetap aman dan nyaman.

Bagian roda penting dicek karena bagian sepeda motor inilah yang menghubungkan kendaraan dengan permukaan jalan.

Bagian rem perlu dicek karena merupakan satu-satunya perangkat di sepeda motor yang mampu menurunkan kecepatan kendaraan sampai ke titik nol (0) atau motor berhenti.

Sedangkan bagian lampu dan klakson berfungsi sebagai komunikasi kita dengan pengendara lain seperti membuat cahaya penerangan atau isyarat saat berkendara.

Ungkapan kocak putus cinta sering kali kita dengan dan itu sudah biasa, tetapi bila putus rem? Celakalah kita!

Hal ini menunjukan bahwa rem merupakan bagian yang teramat penting karena posisi vitalnya dimana perangkat ini langsung berhubungan pengendalian sepeda motor.

Alfian Dian Pradana, Instruktur Safety Riding Astra Motor Jawa Tengah menegaskan ada dua tipe rem yang umumnya terpasang disepeda motor, yakni rem cakram dan rem tromol.

"Rem cakram bekerja dengan cara menjepit cakram menggunakan kampas rem yang digerakkan oleh piston. Rem tromol digerakkan secara mekanikal untuk menekan permukaan tromol bagian dalam, sehingga membuat tromol sulit berputar dan akan memperlambat laju kendaraan," jelasnya.

Pengecekan secara cepat dan praktis kampas rem tromol sepeda motor bisa memanfaatkan indikator penunjuk (berupa lempengan mirip anak panah di as rem) yang terdapat di dinding tromol.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved