Breaking News:

Berita Kendal

Alasan Bupati Kendal Bikin Upacara Kesaktian Pancasila di Lapas Plantungan

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto menggelar upacara di tempat bersejarah, yakni Lapas Pemuda Plantungan.

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: Daniel Ari Purnomo
IST
Bupati Kendal Dico M. Ganinduto menjadi Irup pada Upacara Hari Kesaktian Pancasila yang digelar di Lapas Kelas IIB Plantungan, Jumat (1/10/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Hal baru tersaji di Kabupaten Kendal ketika memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2021.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengajak Forkopimda dan ASN di beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) menggelar upacara di tempat bersejarah, yakni Lapas Pemuda Plantungan.

Tak hanya itu, sejumlah tokoh masyarakat dan para warga binaan turut dihadirkan untuk memperingati momen spesial setiap 1 Oktober itu.

Bupati Dico mengatakan, Lapas Pemuda Plantungan dipilih menjadi lokasi upacara karena menjadi satu saksi sejarah peristiwa G30 SPKI.

Beberapa sisa bangunan yang terletak di paling ujung lapas, konon manjadi tempat tahanan para gerakan wanita Indonesia (Gerwani), sebuah organisasi wanita yang dikenal menjadi sayap PKI yang berdiri di Semarang.

Dengan menggelar upacara di Lapas Plantungan, Dico ingin masyarakat Kendal, khususnya para pejabat di lingkungan pemda tidak melupakan sejarah yang pernah terjadi di Kabupaten Kendal.

"Kami upacara di sini (Lapas Plantungan-red) untuk mengenal sejarah. Dulu di sini pernah dijadikan tempat penahanan anggota Gerwani sebagai tahanan politik. Maka kami upacara di sini supaya tidak melupakan sejarah yang ada di Kabupaten Kendal," terangnya.

Dico menuturkan, peringatan Hari Kesaktian Pancasila menjadi momen masyarakat mengingat kembali sejarah Indonesia.

Dengan itu, ia berharap ke depan tidak ada lagi yang mencoba untuk mengubah ideologi Pancasila. (sam)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved