Breaking News:

Berita Purbalingga

Dapat Bantuan Bibit Kelapa, Bupati Tiwi Ingin KUB Ekspor Langsung Produk Gula Kristal Organik

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi bersama Kepala Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian (PSEKP) Kementerian Pertanian RI, Dr.Sudi

Humas Pemkab Purbalingga. 
Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi bersama Kepala Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian (PSEKP) Kementerian Pertanian RI, Sudi Mardiyanto, saat menanam bibit kelapa untuk petani kabupaten Purbalingga sebanyak 2.700 batang, Kamis (30/9/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA - Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi bersama Kepala Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian (PSEKP) Kementerian Pertanian RI, Dr.Sudi Mardiyanto, menyerahkan bantuan bibit kelapa untuk petani kabupaten Purbalingga sebanyak 2.700 batang.

Jumlah itu terbagi untuk tiga Kelompok Usaha Bersama (KUB) yakni KUB Desa Bojong, Pengalusan dan KUB Sentral Agro Lestari Desa Bumisari dan semuanya di wilayah kecamatan Mrebet.

"Bantuan ini menjadi upaya perluasan lahan produk gula kelapa organik, support peremajaan tanaman yang sudah berumur serta menjaga konservasi lingkungan," ujar Kepala Dinas Pertanian Mukodam, usai penyerahan yang dilanjutkan dengan penanaman bibit kelapa secara simbolis, Kamis (30/9/2021).

Baca juga: 66 Siswa SMPN 4 Mrebet Purbalingga Dipulangkan Usai Jalani Isolasi, Bagaimana Kelanjutan PTM?

Baca juga: Tak Kuat Menanjak, Truk Pengangkut Bahan Tripleks Terguling di Pengadegan Purbalingga

Baca juga: Wayang Lalu Lintas Hibur Siswa SMP Mrebet Purbalingga yang Jalani Isolasi Terpusat

Bupati Tiwi mengaku sangat bersyukur mendapatkan kepercayaan yang tinggi dari Kementerian Pertanian.

Terutama karena banyak program kementerian yang diluncurkan untuk kabupaten Purbalingga melalui Badan Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian.

Dikatakan Bupati, Kabupaten Purbalingga memiliki potensi pertanian khususnya produk gula kelapa Kristal organik yang telah mampu menembus pasar internasional.

Dengan adanya bantuan bibit pohon kelapa ini, diharapkan mampu meningkatkan produktifitas petani di kabupaten Purbalingga.

Bupati mendorong lebih banyak petani yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB) dapat melakukan ekspor secara langsung tanpa melalui perantara.

Bila ini bisa dilakukan tentu akan semakin besar hasilnya dan mampu mendukung kesejahteraan petani dan penderes.

Hal itu dikatakannya saat melakukan tatap muka dengan para petani di Rumah Produksi Gula Kristal Organik KUB Sentral Agro Lestari.  

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved