Breaking News:

Berita Kudus

Ketua DPRD Kudus Dukung Penuh Omah UMKM

Rencana Pemerintah Kabupaten Kudus membuat Omah UMKM mendapat dukungan penuh dari Ketua DPRD Kudus.

Penulis: Rifqi Gozali | Editor: rival al manaf
Tribun Jateng/ Rifqi Gozali
Ketua DPRD Kudus Masan 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Rencana Pemerintah Kabupaten Kudus membuat Omah UMKM mendapat dukungan penuh dari Ketua DPRD Kudus. Bahkan, rencananya anggaran yang diperuntukkan dalam menjalankan program tersebut akan dikawal penuh.

"Kalau kami siap mengawal penganggaran. Sekarang secara regulasi dipelajari dulu di Disnakerperinkop-UKM," kata Ketua DPRD Kudus, Masan, Jumat (1/10/2021).

Sedianya, kata dia, rencana dibentuknya Omah UMKM itu merupakan usulan Masan kepada Pemerintah Kabupaten Kudus. Wajar saja jika dia mendukung penuh program tersebut.

Usulan yang dilayangkan itu berangkat dari aspirasi para pelaku usaha kecil dan menengah. Kata Masan, ada sejumlah pelaku usaha kecil yang mengusulkan hal tersebut dan datang langsung menemui dirinya di kantor. Singkatnya, setelah itu dia berpikir bahwa sudah sepatutnya pemerintah setempat harus tanggap dalam melunasi apa yang menjadi keinginan para pelaku usaha kecil.

"Yang mendasari itu aspirasi para pelaku UKM yang ada di Kabupaten Kudus mereka komunikasi datang ke kantor rembukan diskusi terus saya turun ke lapangan melihat kondisi mereka," tandas Masan.

Setelah mengantongi usulan tersebut, dia pun mengecek alat-alat produksi yang bisa dipakai oleh pelaku usaha kecil ternyata dibuat oleh PT Pura. Baginya, tidak mungkin ketika harus memberikan alat-alat produksi itu kepada para pelaku usaha kecil maupun menengah. Alhasil, untuk mengakomodir keluhan para pelaku usaha kecil, maka muncullah ide membuat Omah UMKM.

Nantinya, kata Masan, Omah UMKM menjadi wadah bagi pelaku usaha kecil untuk mengolah produknya sejah dari bahan mentah sampai pada barang jadi. Kemungkinan yang bisa diakomodir di Omah UMKM adalah pelaku usaha kecil dan menengah di bidang makanan atau minuman.

"Untuk mekanisme nantinya bagaimana, itu juga perlu dibahas matang," tandas dia.

Bak gayung bersambut, usulan dari Masan disambut baik oleh Pemerintah Kabupaten Kudus. Rencana ini pun masih digodok agar kelak ketika Omah UMKM berlangsung, benar-benar mampu meningkatkan kualitas para pelaku usaha kecil di Kudus. Alih-alih malah meningkatkan kesejahteraan berbasis ekonomi kerakyatan.

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved