Breaking News:

Guru Berkarya

Google Classroom Tingkatkan Pembelajaran PAI di Masa Pandemi

Kecanggihan dari terobosan baru ini mampu menciptakan ruang kelas untuk proses belajar mengajar tanpa tatap muka

Editor: abduh imanulhaq
IST
Siti Zulaiko SPdI, Guru SDN Jatiroto 04 Kec Kayen Kab Pati 

Oleh: Siti Zulaiko SPdI, Guru SDN Jatiroto 04 Kec Kayen Kab Pati

PADA masa pandemi ini, pembelajaran di SDN Jatiroto 04 Kecamatan Kayen Kabupaten Pati masih dilakukan secara online. Guru harus mampu merencanakan atau menyusun setiap program pembelajaran dengan memilih metode yang bervariatif dan efektif yang bisa dilakukan jarak jauh. Tujuannya peserta didik dapat bereksplorasi secara aktif dan kritis dalam berfikir serta aktif dalam mengembangkan potensi akademiknya melalui pengalaman-pengalaman yang diperoleh dari guru saat mengikuti pembelajaran, meskipun jarak jauh.

Menurut Rudi Dian Arifin (2021), pertumbuhan teknologi digital yang begitu signifikan membuat pola pikir, aktivitas, dan lingkungan turut mengalami perubahan. Saat ini, Google telah menciptakan aplikasi Google Classroom. Kecanggihan dari terobosan baru ini mampu menciptakan ruang kelas untuk proses belajar mengajar tanpa tatap muka. Siswa yang tergabung dalam aplikasi ini dapat mengecek semua tugas yang diberikan guru pada laman tugas yang tersedia di aplikasi tersebut.

Aplikasi Google Classroom sangat tepat dijadikan sarana dalam pembelajaran PAI Kelas 3 dengan KD 3.4” Memahami makna Al -Asmaul Al- Husna : Al- Wahbab, Al -A’lim, dan As’-Sami dengan baik dan benar” di SDN Jatiroto 04 pada masa pandemi. Pembelajaran dengan Google Classroom ini dapat berjalan seperti kelas pada saat pembelajaran tatap muka di sekolah dan dapat dilakukan penilaian langsung atas hasil belajar siswa yang dilakukan secara online.

Guru pun bisa langsung memberikan tindak lanjut atas hasil pekerjaan siswa. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan sarana ini merupakan pemanfaatan media pembelajaran lewat jaringan internet. Sehingga mengirimkan serangkaian solusi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi peserta didik.

Untuk dapat menggunakan aplikasi Google Classroom, harus dipastikan, guru dan siswa telah memiliki akun Google Apps for Education. Selanjutnya bisa dimulai dengan membuka laman Google lewat laman Mozilla Firefox atau Google Chrome dan membuka tautan Google Classroom.

Setelah itu, masuk ke situs classroom.google.com dan sign in. Sebagai pengatur kelas, guru lalu meng-klik tulisan “guru” untuk membuat kelas, sedangkan siswa meng-klik tulisan “siswa” agar bisa tergabung dalam kelas yang sudah dibuat guru dengan cara memakai kode yang telah diperoleh.

Semua siswa dimasukkan ke dalam aplikasi ini dan diberitahu bahwa pembelajaran akan dilakukan dengan menerapkan Google Classroom. Jangan lupa, para siswa diarahkan mengaktifkan email guru sebagai tutor dalam kelas.

Guru bisa mengajar dan memberikan tugas mandiri kepada siswa untuk dikerjakan di rumah masing-masing atau kelompok. Semua data dan tugas yang dikirim guru, outomatis akan disimpan secara rapi dan aman ke dalam folder google drive.

Siswa pun sewaktu-waktu dapat mengetahui setiap tugas yang diberikan guru, selagi masih terhubung dengan jaringan internet. Kecanggihan aplikasi ini memudahkan penulis serta para guru lainnya untuk dapat dengan mudah melakukan penilaian secara cepat dan memberikan pesan-pesan berkaitan dengan tugas yang dikerjakan siswa-siswa SDN Jatiroto 04. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved