Breaking News:

Guru Berkarya

Tugas Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidik

Kepala sekolah memiliki peran penting dalam keberlangsungan proses pembelajaran di satuan pendidikan.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Kasmoin SPdSD, Kepala SDN Candi Kec Bandar Batang 

Oleh: Kasmoin SPdSD, Kepala SDN Candi Kec Bandar Batang

KEPALA sekolah memiliki peran penting dalam keberlangsungan proses pembelajaran di satuan pendidikan. Permendikbud No. 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah menyebutkan bahwa kepala sekolah merupakan seorang guru yang kemudian diberikan tugas untuk memimpin dan mengelola satuan pendidikan meliputi TK, TKLB, SD, SDLB, SMP, SMPLB, SMA, SMALB, SMK serta SILN.

Sebagai pemimpin di satuan pendidikan, kepala sekolah memiliki tupoksi yang telah diatur dalam Permendikbud No. 6 Tahun 2018. Tupoksi itu mengacu kepada Permendiknas No. 19 Tahun 2007 tentang standar pengelolaan sekolah meliputi perencanaan program, pelaksanaan rencana kerja, pengawasan dan evaluasi, kepemimpinan sekolah, dan sistem informasi yang hendaknya dilaksanakan dengan baik sebagai pertanggungjawaban kinerja kepala sekolah.

Kepala SDN Candi, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang, juga telah mengupayakan diri untuk melaksanakan seluruh tupoksi dengan harapan dapat meningkatkan kualitas satuan pendidikan berdasarkan standar nasional pendidikan. Tenaga pendidik SDN Candi merupakan salah satu elemen penting yang dapat menentukan mutu sekolah.

Oleh karena itu, kualitas atau mutu setiap pendidik selalu diperhatikan oleh kepala sekolah. Adapun mutu pendidik di SDN Candi meskipun dari segi kuantitas sedikit akan tetapi harapannya dari segi kualitas atau mutu dapat terus ditingkatkan.

Mutu pendidik yang baik dapat memberikan dampak yang baik bagi sekolah. Salah satu upaya sebagai bentuk kinerja yang telah dilakukan oleh kepala sekolah SDN Candi di bidang pengelolaan sekolah yaitu menciptakan budaya dialog antara kepala sekolah dengan civitas akademika di sekolah, termasuk para pendidik.

Budaya dialog terlihat sangat sederhana tetapi jika dilaksanakan sungguh-sungguh dapat menjadi salah satu elemen penting dalam proses pengelolaan sekolah. Menurut Hans-Georg Gadamer (1960), dialog merupakan aksi “memberi dan mengambil”.

Aksi memberi bermakna pihak-pihak yang berdialog menyampaikan apa yang ingin diungkapkan. Sedangkan aksi mengambil bermakna masing-masing pihak berusaha menyerap apa yang dikatakan oleh partner dialog. Dalam berdialog keterbukaan kedua belah pihak sangat penting.

Pelaksanaan budaya dialog di SDN Candi dilaksanakan setiap saat, bukan hanya ketika jam kerja di sekolah. Kepala sekolah senantiasa membuka diri dalam mempersilahkan para tenaga pendidik yang ingin berkomunikasi terkait proses belajar dan pembelajaran di sekolah. Baik langsung maupun tidak langsung, terutama terkait kendala yang dialami oleh para pendidik.

Dialog yang dilakukan oleh kepala sekolah dan tenaga pendidik mampu menemukan solusi yang tepat dalam menghadapi kendala yang dialami oleh para tenaga pendidik. Jadi kendala-kendala yang dialami para pendidik tidak menyurutkan semangat para pendidik untuk senantiasa meningkatkan mutu.

Budaya dialog yang telah dilaksanakan di SDN Candi ternyata mampu memberikan dampak positif. Di antaranya komunikasi yang terjalin antara kepala sekolah sebagai pemimpin dan tenaga pendidik sebagai yang dipimpin berjalan dengan baik.

Ketika komunikasi antara kepala sekolah dan pendidik berjalan baik, dapat menciptakan lingkungan kerja yang baik dan nyaman. Kemudian mengedepankan asas kekeluargaan dengan tetap saling menghormati satu sama lain.

Selain itu, mutu pendidik di SDN Candi meski berada di satuan kerja yang tidak berada di pusat kota tidak mempengaruhi semangat mereka untuk senantiasa meningkatkan mutu diri demi kemajuan sekolah. Hal ini terlihat dari segi akreditasi sekolah, SDN Candi termasuk sekolah dengan akreditasi A. Fakta-fakta tersebut menjadi gambaran bahwa menciptakan budaya dialog sebagai salah satu bentuk kinerja kepala sekolah memiliki banyak manfaat. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved