Breaking News:

Berita Batang

Jelang Peringatan HUT ke-76 TNI, Dankormar Napak Tilas dan Ziarah ke TMP Kadilangu Batang

Menjelang HUT ke-76 TNI 2021 yang jatuh pada 5 oktober mendatang, Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono melakukan Ziarah Nasional.

Penulis: dina indriani | Editor: moh anhar

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Menjelang HUT ke-76 TNI 2021 yang jatuh pada 5 oktober mendatang, Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono melakukan Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kadilangu, Kabupaten Batang, Jawa Tengah Minggu (3/10/2021). 

Kegiatan tersebut juga dihadiri Bupati Batang, Wihaji, Kapolres AKBP Irwan Susanto serta Dandim 0736/Batang Letkol Arh Yan Eka Putra.

Tujuan dari kegiatan Ziarah Nasional ini selain mendoakan para pejuang TNI AL juga sekaligus mengenang perjuangan para pendahulu TNI yang gugur di zaman Perang Revolusi Kemerdekaan pada umumnya dan para prajurit-prajurit ALRI (TNI AL).

Khususnya di eks Wilayah Corps Armada III - Cirebon, dan Eks Wilayah Corps Armada IV - Tegal yang makamnya tersebar antara lain di TMP Bahari Kuningan, Komplek monumen Kalibakung Tegal, TMP Penggarit Pemalang, TMP Kusuma Bangsa Pekalongan, dan TMP Kadilangu Batang.

Baca juga: Tilap Honor Guru Ngaji dan Tukang Sampah saat Jadi Kades, IR Ditangkap Ketika Sudah Lengser

Baca juga: Jelang PSIS Semarang Vs Persebaya Surabaya Malam Ini: Bajul Ijo Pincang, Mahesa Jenar Tetap Waspada

Baca juga: Nasib FA Polisi Viral Goda Cewek Pelanggar Lalu Lintas Diperiksa Propam

"Ziarah ini juga untuk mengingat bahwa daerah Cirebon, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang merupakan daerah basis perjuangan prajurit-prajurit TNI AL dalam mempertahankan Kemerdekaan untuk di TMP Kadilangu ini ada 40-an makam pejuang dari TNI AL," tutur Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono usai memimpin ziarah.

Dikatakannya selain ziarah, pihaknya sekaligus melakukan napak tilas pasalnya Batang menjadi salah satu daerah yang memiliki sejarah terbentuknya Korp Marinir atau dulu dikenal dengan Korps Komando Angkatan Laut (KKO AL).

"Dari Tegal, Pekalongan hingga Batang juga menjadi awal mula Korps Marinir terbentuk," pungkasnya. (*)

TONTON JUGA DAN SUBSCRIBE : 

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved