Breaking News:

Guru Berkarya

VideoScribe Permudah Kenali Ciri-ciri Makhluk Hidup

Dalam membuat video menggunakan VideoScribe, diperlukan bahan-bahan yang akan disusun menjadi sebuah video

Editor: abduh imanulhaq
IST
Oleh: Amat Risanto SPd, Guru SDN 01 Songgowedi Petungkriyono Kab Pekalongan 

Oleh: Amat Risanto SPd, Guru SDN 01 Songgowedi Petungkriyono Kab Pekalongan

SUASANA pembelajaran di sekolah mulai berubah sejak pandemi Covid-19. Pembelajaran yang awalnya dilakukan di sekolah dan tatap muka berganti dengan Belajar Dari Rumah (BDR).

Dalam pembelajaran yang dilakukan peserta didik dari rumah atau BDR, pendampingan oleh orang tua sangat dibutuhkan. Pembelajaran berupa demonstrasi dari guru, penjelasan materi, dan diskusi dengan teman serta pembelajaran tanya-jawab tidak dapat dilakukan di sekolah.

Hal ini menimbulkan permasalahan permasalahan tersendiri bagi pelaksanaan proses pembelajaran. Guru menemukan kesulitan dalam menyampaikan materi pembelajaran, proses pembelajaran yang kurang efektif, dan keterbatasan paket data internet serta permasalahan jaringan internet disampaikan oleh Fitriani dan Eka (2021: 255). Banyaknya permasalahan yang muncul, guru memiliki peran untuk memberi solusi yang tepat.

Dalam penyampaian materi ciri-ciri makhluk hidup kelas 3 sekolah dasar, guru dapat menggunakan media VideoScribe untuk menayangkannya kepada peserta didik. VideoScribe merupakan media pembelajaran berbasis video animasi yang terdiri dari gambar, foto, animasi, tulisan, dan suara, yang diintegrasikan dan dikombinasikan hingga menjadi sebuah video pembelajaran animasi menurut Khoirotul, Eka dan  Fatrikah (2018: 27).

Guru dapat memanfaatkan media pembelajaran ini dengan menampilkan foto atau gambar makhluk hidup yang dilengkapi dengan penjelasan tulisan dan suara (voice over). Jika peserta didik terbiasa melihat tayangan animasi di televisi, kali ini peserta didik diajak menonton tayangan video pembelajaran dari VideoScribe. Melalui media ini peserta didik diharapakan tetap antusias dan mudah dalam memahami materi pembelajaran ciri-ciri makhluk hidup.

Guru dapat mengaplikasikan model pembelajaran ini dimulai dengan mengunduh aplikasi VideoScribe dari situs resmi aplikasinya yaitu videoscribe.co. Kemudian guru membuat akun VideoScribe dengan mengisi formulir yang tersedia atau masuk menggunakan  akun Google dan Facebook yang dimiliki.

Guru harus melakukan log in terlebih dahulu menggunakan akun yang telah dibuat sebelumnya. Aplikasi VideoScribe sudah siap digunakan untuk membuat video pembelajaran berbasis animasi.

Dalam membuat video menggunakan VideoScribe, diperlukan bahan-bahan yang akan disusun menjadi sebuah video. Jika dalam konteks pembelajaran ciri-ciri makhluk hidup kelas 3 SD, guru bisa mencari bahan foto/gambar berupa foto tanaman, foto hewan, dan foto makhluk hidup lainnya.

Kemudian dalam pembuatannya, video bisa ditambahkan dengan tulisan-tulisan keterangan menggunakan font yang menarik. Guru SD Negeri 01 Songgowedi Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan turut menerapkan media pembelajaran ini dalam menyampaikan materi pembelajaran.

Video pembelajaran mudah dipahami peserta didik dengan menambahkan voice over yang menerangkan gambar atau foto yang ditayangkan dalam video. Dengan demikian, kombinasi dari gambar yang menarik, tulisan pendukung, dan penjelasan materi dengan suara, membuat peserta didik paham dengan materi pembelajaran.

Video kemudian diunggah ke Google Classroom, Google Drive, atau Youtube. Tautan atau link video yang telah diunggah disalin dan dikirimkan ke peserta didik melalui Whatsapp grup kelas.

Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran materi ciri-ciri makhluk hidup lebih efektif apabila melalui media VideoScribe. Melalui media tersebut, siswa akan lebih mudah memahami materi dan pembelajaran akna terasa lebih menyenangkan. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved