Breaking News:

Bali Jadi Uji Coba, Pemerintah Segera Buka Pintu Pariwisata Internasional 

sebagai pariwisata yang lekat di mata international, pembukaan pariwisata Bali menjadi satu hal yang ditunggu-tunggu.

Editor: Vito
KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES
ilustrasi - Wisatawan menikmati sore di Pantai Kuta, Bali. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Pemerintah memutuskan akan membuka penerbangan internasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali mulai 14 Oktober 2021.

Kebijakan itu sekaligus menjadi uji coba masuknya wisatawan mancanegara (wisman), setelah sebelumnya kegiatan pariwisata di Pulau Dewata sempat berhenti akibat pandemi covid-19.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, sebagai pariwisata yang lekat di mata international, pembukaan pariwisata Bali menjadi satu hal yang ditunggu-tunggu.

Namun, menurut dia, uji coba pembukaan Bali itu dinilai perlu dilakukan dengan hati-hati.

“Khusus mengenai Bali, ini sudah diumumkan tanggal 14 Oktober adalah tanggal yang ditetapkan pemerintah untuk membuka Bandara Ngurah Rai, dan menerima penerbangan internasional. Ini kami selaraskan dengan uji coba pembukaan bali bagi wisatawan mancanegara,” katanya, dalam Weekly Press Briefing, Senin (4/10).

Sandiaga menuturkan, walaupun saat ini situasi pandemi covid-19 sudah terkendali, tentunya hal ini tidak boleh dianggap remeh dan mengabaikan penerapan protokol kesehatan.

“Walaupun kita sekarang mengalami situasi covid-19 yang terkendali, dan beberapa capaian kita ini mengundang pujian dan apresiasi dari banyak negara, kita tidak boleh lengah, harus tetap hati-hati dan waspada,” ujarnya.

Menurut dia, ada beberapa pertimbangan yang perlu difinalkan sebelum masuk tanggal 14 Oktober yang mencakup potensi lonjakan kasus covid-19 yang baru, cara mengidentifikasi covid-19, dan cara memitigasi varian baru yang bermunculan.

Pemerintah berupaya untuk meningkatkan pelacakan kasus covid-19, sehingga nantinya tidak terdapat klaster penularan baru selama pembukaan Bali bagi Wisman.

"Kemampuan testing sudah mencapai 300 tes/hari, kami harapkan bisa meningkat seiring dengan semakin terkendalinya keadaan covid," ungkap Sandiaga.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved