Breaking News:

Guru Berkarya

Alternatif BDR Melalui Pembelajaran Audiovisual

Pandemi Covid-19 menjadi krisis kesehatan bersejarah abad ini. Banyak negara memutuskan untuk menghentikan sementara kegiatan belajar mengajar.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Izzatun Ni’mah SPdSD, Guru SDN Pulorejo 01 Kecamatan Winong Kab Pati 

Oleh: Izzatun Ni’mah SPdSD, Guru SDN Pulorejo 01 Kecamatan Winong Kab Pati

PANDEMI Covid-19 menjadi krisis kesehatan bersejarah abad ini. Banyak negara memutuskan untuk menghentikan sementara kegiatan belajar mengajar.

Diberlakukannya Belajar Dari Rumah (BDR) pada pertengahan Maret 2020 memaksa guru sebagai tenaga pendidik yang mempunyai tugas dan tanggung jawab terhadap keberlangsungan pembelajaran di sekolah untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memilih media pembelajaran yang tepat. Untuk itu penulis mencoba menerapkan Pembelajaran Audiovisual di Kelas Satu pada Tema 3 Kegiatanku yaitu pada KD Seni Budaya dan Prakarya 3.4 Memahami bahan alam dalam berkarya.

Ruminiati (2007:11) menyatakan media merupakan sarana penyampaian informasi belajar oleh guru kepada sisw. Sehingga siswa menjadi lebih memahami dan tertarik dengan pembelajaran yang dilakukan.

Penggunaan media pembelajaran bukan sekadar upaya dalam membantu guru mengajar. Lebih dari itu sebagai usaha yang ditujukan untuk memudahkan siswa dalam belajar. Sehingga media pembelajaran diharapkan menjadi bagian integral dari sistem pendidikan yang dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk meningkatkan kualitas peserta didik.

Media pembelajaran yang beraneka ragam membuat guru harus lebih selektif dan memperhatikan kriteria dalam memilih media pembelajaran supaya kegiatan belajar mengajar lebih efektif. Keterkaitan antara media pembelajaran dengan tujuan, materi, dan karakteristik peserta didik harus menjadi perhatian dan pertimbangan pengajar untuk memilih dan menggunakan media dalam proses pembelajaran di kelas. Sehingga media yang digunakan lebih efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Dalam kondisi pandemi Covid-19, guru tidak bisa banyak memilih jenis media pembelajaran yang ada karena terhambat ruang dan waktu. Sehingga media pembelajaran yang berbasis informasi dan teknologi (IT) sangat tepat digunakan untuk pembelajaran daring.

Salah satunya adalah penggunaaan media audiovisual. Suparjianto (2009) menyatakan bahwa media audiovisual adalah bahan atau alat yang dipergunakan dalam menularkan pengetahuan, sikap, dan ide.

Penggunaan media audiovisual ini sejalan dengan program pemerintah yang menggulirkan Program Belajar dari Rumah Bersama TVRI. Tayangan video pembelajaran yang disiarkan TVRI sangat membantu guru dalam mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan.

Selain itu, guru juga dapat melakukan kegiatan evaluasi pembelajaran daring dari program tersebut dan melakukan kegiatan tindak lanjut apabila ada kompetensi yang belum dicapai siswa. Berkaitan dengan Program Belajar bersama TVRI, guru juga harus bisa membuat sendiri media audio visual untuk melanjutkan kegiatan belajar mengajar daring pada tahun ajaran baru.

Hanya berbekal ponsel pintar (smartphone), seseorang dapat dengan mudah merekam semua kegiatannya. Jadi, guru saat ini bisa membuat sendiri media audio visual.

Kemudian membagikan media tersebut ke berbagai media sosial baik WhatApps (WA), Facebook (FB), Instagram (IG), Youtube maupun media sosial lain yang terhubung dengan peserta didiknya secara mudah. Jadi kegiatan belajar mengajar di masa pandemi Covid-19 tetap bisa berlangsung baik.

Oleh karena itu, guru harus lebih kreatif dalam membuat media audiovisual yang tidak monoton dan menarik perhatian siswa yang disajikan dari awal sampai akhir. Dengan media audio visual yang dibuat, guru bisa menyampaikan materi sesuai Kompetensi Dasar yang sudah disesuaikan di masa pandemi ini.

Kemudian dapat pula mengevaluasi pembelajaran sehingga hambatan ruang dapat teratasi. Harapannya tujuan pembelajaran tetap tercapai dengan baik dan pembelajaran daring tetap berlangsung secara efektif. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved