Breaking News:

Guru Berkarya

Canva sebagai Media Pembelajaran Infografis Sumber Energi

Pembelajaran di sekolah dasar mengintegrasikan beberapa mata pelajaran sekaligus menjadi satu tema.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Oleh: Emma Wijayanti SPd, Guru SDN 01 Bulugede 

Oleh: Emma Wijayanti SPd, Guru SDN 01 Bulugede

PEMBELAJARAN di sekolah dasar mengintegrasikan beberapa mata pelajaran sekaligus menjadi satu tema. Salah satu tema tersebut yaitu tentang berhemat energi pada kelas IV. Dalam tema berhemat energi memuat lima mata pelajaran, di antaranya Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), serta Seni Budaya dan Keterampilan. Dari kelima mata pelajaran tersebut, guru harus menentukan media pembelajaran yang tepat, khususnya untuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) seperti saat ini.

Berbagai platform dan media daring tersaji pada saat ini untuk memberikan fasilitas guna mempermudah PJJ. Dengan adanya berbagai fasilitas yang bisa digunakan dalam membuat suatu media pembelajaran tentunya akan memudahkan guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Namun, tidak sedikit pula guru yang masih mengalami kesulitan dalam mengimplementasikan media yang telah disediakan. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan sebagai alternatif PJJ adalah media pembelajaran Canva.

Rahmatullah dkk., (2020) menjelaskan bahwa Canva merupakan salah satu aplikasi daring yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran. Canva adalah sebuah platform desain yang menjembatani penggunanya agar dengan mudah merancang berbagai jenis desain yang menarik dan unik secara online. Canva menyajikan berbagai macam desain grafis sesuai kebutuhan. Beberapa di antaranya yaitu infografis, wallpaper, grafik, sampul buku, mind map, sampul majalah, poster, pamflet, dan komik strip. 

Platform ini dapat diterapkan dalam membuat media untuk Tema 2, Subtema 1, Kelas IV SD, tentang berhemat energi dan sumber energi, serta dapat disajikan kepada siswa secara visual dalam bentuk infografis. Menurut Nuning (2016: 36), infografis merupakan visualisasi data, gagasan, informasi, atau pengetahuan melalui bagan, grafis, jadwal, dan lainnya, agar data, gagasan, informasi, atau pengetahuan tersebut dapat disajikan lebih dari sekadar teks dan memiliki dampak visual yang cukup kuat dan lebih menarik.

Ketika media belajar disajikan dalam bentuk infografis, materi yang divisualisasikan melalui bagan dan grafis akan terlihat menarik, sehingga siswa mudah dalam memahami materi yang meliputi energi, perubahan bentuk energi, manfaat energi, dan lain-lain. Siswa juga tidak akan merasa kesulitan dalam menggunakan media tersebut karena dapat diakses di dua perangkat, yaitu gawai dan komputer/laptop.

Dalam konteks pembelajaran sub materi sumber energi, kita dapat menambahkan elemen berupa gambar-gambar seperti matahari, kincir angin, air, api, dan gambar lainnya yang masih relevan. Pengguna juga dapat menambahkan tulisan singkat yang menjelaskan maksud dari gambar yang ditampilkan di infografis. Apabila sudah selesai, infografis dapat diunduh dengan format JPG/PNG dan siap untuk dikirimkan ke siswa melalui Whatsapp Group.

Implementasi pembelajaran menggunakan Canva dalam membuat infografis di SD Negeri 01 Bulugede berdampak positif. Siswa menjadi lebih mudah memahami materi dengan adanya gambar tentang materi dan disertai dengan tulisan penjelas. Selain itu, infografis yang berisi gambar ini menarik minat siswa untuk belajar karena siswa usia Sekolah Dasar menyukai hal-hal yang divisualisasikan. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved