Breaking News:

Unsoed Purwokerto

Delegasi Unsoed Purwokerto Raih Gold Medal dan Macedonia Special Award di WICE 2021

Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto kembali meraih prestasi membanggakan di tingkat internasional.

Editor: abduh imanulhaq
UNSOED
Tiga mahasiswa Unsoed berhasil mempersembahkan Gold Medal dan Macedonia Special Award di ajang WICE 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto kembali meraih prestasi membanggakan di tingkat internasional.

Kali ini medali dipersembahkan di ajang World Invention Competition and Exhibition (WICE) 2021.

Adalah Fabian Roshan (Teknologi Pertanian 2017) dan anggota tim Muhammad Farid Rahmatullah (Teknik Elektro 2018), Muhammad Sigit Pamungkas (Fisika 2018), dan Rezkya Aliffa Widiyanantoputri (Fisika 2019) berhasil mempersembahkan Gold Medal dan Macedonia Special Award.

Di ajang ini tim dari Unsoed mengangkat judul "Aerodinamic Wind Micro Turbine As A Sustainable Energy Source".

WICE merupakan event inovasi tingkat internasional yang dilaksanakan oleh Indonesia Young Scientist Association (IYSA) yang berkolaborasi dengan SEGi College Subang Jaya (SEGi University and College Malaysia).

Kegiatan ini dilaksanakan pada 24 - 30 September 2021 secara daring dan diikuti oleh 369 Tim dari 29 Negara.

Ketua Tim Fabian Roshan mengatakan Inovasi yang dipersembahkan adalah sebuah mikro turbin yang memanfaatkan konsep gaya hambat aerodinamika kendaraan sebagai alternatif sumber energi listrik untuk kendaraan bermotor seperti motor dan mobil.

Menurut Kementerian ESDM,  target Energi Baru dan Terbarukan (EBT) pada tahun 2025 mencapai 23% dan potensi energi angin kendaraan juga cukup tinggi melihat rata-rata kecepatan kendaraan lebih dari 40 km/jam.

“Selain itu, karena potensi energi angin aerodinamika adalah 70% dari kecepatan kendaraan, maka dimungkinkan energi tersebut menjadi salah satu sumber energi listrik," jelasnya.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan proses registrasi dan persiapan prototipe dimulai dari 1 April 2021; kemudian peserta mendapat undangan dari penyelenggara World Invention Competition and Exhibition (WICE) setelah proses registrasi pada tanggal 13 Agustus.

“Kami mempersiapkan poster dan abstrak/artikel hingga 5 September 2021.

Hasil dari proses tersebut dilombakan pada acara puncak pada tanggal 24 September hingga 30 September 2021 secara daring oleh 2 juri internasional,” urainya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved