Breaking News:

Pertamina Cilacap

Kilang Pertamina Unit Cilacap Asah Semangat Mahasiswa Membangun Daerah 3T

Pihaknya bersama warga mengapresiasi inisiatif PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Cilacap bersama PNC yang melakukan rekayasa teknologi.

Editor: abduh imanulhaq
PERTAMINA CILACAP
Cara kerja Pembangkit Listrik Tenaga Hibrid (PLTH) yang memanfaatkan tenaga surya dan angin. 

TRIBUNJATENG.COM, CILACAP – Muhammad Jamaludin (29), warga Dusun Bondan, Desa Ujung Alang, Kecamatan Kampung Laut dengan bersemangat melayani sejumlah mahasiswa Politeknik Negeri Cilacap (PNC) yang berkunjung, Sabtu (2/10/2021).

Pria yang akrab disapa Jamal itu secara runtut menjelaskan cara kerja Pembangkit Listrik Tenaga Hibrid (PLTH) yang memanfaatkan tenaga surya dan angin.

Sejak diresmikan 2019 lalu, PLTH terbukti menjadi solusi penting kebutuhan penerangan warga.

"Bertahun-tahun kami tidak bisa menikmati penerangan listrik karena sulitnya akses dan wilayah yang terpencil. Kehadiran PLTH sangat berguna bagi 78 KK di dusun ini," katanya.

Dengan perangkat 5 kincir angin dan 24 panel surya, saat ini mampu menghasilkan kapasitas listrik 16.200 Watt Peak (WP).

"Bagi kami ini menjadi sebuah anugerah yang harus disyukuri dan dijaga bersama kebermanfaatannya," ucap Jamal.

Pihaknya bersama warga mengapresiasi inisiatif PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Cilacap bersama PNC yang melakukan rekayasa teknologi dengan mengoptimalkan potensi angin dan tenaga surya.

"Kami sangat bersyukur, anak-anak semakin bersemangat belajar di malam hari karena cahaya lampu yang maksimal dari PLTH," katanya.

Desa Ujung Alang, Kecamatan Kampung Laut dengan bersemangat melayani sejumlah mahasiswa Politeknik Negeri Cilacap (PNC) yang berkunjung, Sabtu (2/10/2021).
Desa Ujung Alang, Kecamatan Kampung Laut dengan bersemangat melayani sejumlah mahasiswa Politeknik Negeri Cilacap (PNC) yang berkunjung, Sabtu (2/10/2021). (IST)

Dosen PNC, Afrizal Abdi Musyafiq menyambut antusias program kunjungan ke salah satu wilayah terpencil dan tertinggal di Kabupaten Cilacap ini.

“Ini adalah program rutin tahunan membawa mahasiswa untuk belajar langsung. Terlebih program PLTH ini merupakan hasil kerjasama kami dengan Pertamina,” katanya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved