Breaking News:

Guru Berkarya

Pembelajaran dengan Quizizz Mengatasi Siswa Hobi Ngegame

Pandemi Covid berdampak pada segala aspek kehidupan. Dunia pendidikan juga tak luput dari dampak pandemi.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Fitriani SPd, Guru SDN Gelur Kecamatan Sukolilo Kab Pati 

Oleh: Fitriani SPd, Guru SDN Gelur Kecamatan Sukolilo Kab Pati

PANDEMI Covid-19 berdampak pada segala aspek kehidupan. Dunia pendidikan juga tak luput dari dampak pandemi.

Pembelajaran dilakukan secara jarak jauh dalam jaringan (daring). Kegiatan pembelajaran tidak sepenuhnya dapat dipantau guru secara langsung.

Kita tahu bahwa saat ini game merupakan hal yang digemari anak. Banyak anak terbuai dengan keasyikan bermain game. Pada pembelajaran jarak jauh melalui daring, banyak siswa menunda menyelesaikan tugas yang diberikan guru tetapi aktif membuat status di Whatsapps tentang game.

Kendala ini dihadapi mayoritas guru. Keadaan ini menjadi kendala serius yang harus diatasi.

Guru harus bisa mengatasi kendala ini dengan merancang pembelajaran yang bisa mengakomodasi hobi siswa bermain game ke jalur yang mendukung pembelajaran. Hal ini dapat dilakukan dengan mengadopsi hal menarik yang membuat siswa menyukai game ke dalam pembelajaran. Tentu, dengan demikan dapat meningkatkan antusias siswa dalam belajar sehingga belajar bermakna dapat tercapai.

Menurut Ausubel dan Novak (Nur Rahmah, 2013:45) informasi yang dipelajari dengan bermakna lebih lama diingat. Quizizz merupakan platform yang dapat menjadi pilihan untuk memfasilitasi pembelajaran bermakna. Guru dapat merancang pembelajaran yang menyenangkan dengan mengintegrasikannya dalam pembelajaran.

Berdasarkan buku Panduan Quizizz (edisi Februari 2021:4) dipaparkan bahwa Quizizz merupakan aplikasi yang menyenangkan untuk memudahkan guru dalam memberikan kuis kepada para siswa. Banyak tersedia fitur menarik di dalamnya.

Fitur ini sama halnya game yang dimainkan anak – anak. Hal ini dapat mengalihkan siswa yang hobi bermain game untuk mengikuti pembelajaran dengan maksimal.

Siswa kelas 6 SD Negeri Gelur menerapkan pembelajaran daring dengan integrasi Quizizz. Pembelajaran Tema empat “Globalisasi” Subtema satu “Globalisasi di Sekitarku” dipresentasikan secara interaktif dengan Quizizz. Hal ini dapat menarik perhatian siswa untuk fokus pada materi pembealajaran.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved