Breaking News:

Guru Berkarya

Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru

Kepala sekolah pada hakikatnya adalah guru yang diberi tugas tambahan untuk memimpin penyelenggaraan organisasi sekolah.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Sri Hartuti SPd, Kepala SDN Rejoagung 02 

Oleh: Sri Hartuti SPd, Kepala SDN Rejoagung 02

KEPALA sekolah hakikatnya adalah guru yang diberi tugas tambahan untuk memimpin penyelenggaraan organisasi sekolah. Kepala sekolah mempunyai peran penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Namun, tidak hanya itu. Sebagai seorang pemimpin di satuan pendidikan, kepala sekolah juga harus dapat mengelola lingkungannya agar tercipta suasana yang kondusif serta harus dapat mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal. Hal ini selaras dengan tugas pokok dan fungsi kepala sekolah yang tercantum pada Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018. Juga mengacu Permendiknas No. 19 Tahun 2007 tentang standar pengelolaan sekolah yang meliputi perencanaan program, pelaksanaan rencana kerja, pengawasan dan evaluasi, kepemimpinan sekolah, dan sistem informasi yang hendaknya dilaksanakan dengan baik sebagai pertanggungjawaban kinerja kepala sekolah.

Peran dan fungsi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru sangatlah penting. Menurut Mulyasa (2005: 187) kepala sekolah harus mampu menjalin hubungan kerja sama, baik kepada sesama warga sekolah maupun dengan masyarakat yang ada di lingkungan sekolah.

Berdasarkan faktanya, kualitas kinerja guru di SD Negeri Rejoagung 02 masih perlu untuk ditingkatkan. Selain itu, peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SD Negeri Rejoagung 02 belum berjalan dengan baik sebagaimana yang diharapkan. Baik dalam peningkatan kinerja guru maupun dalam hal proses pembelajarannya.

Kualitas kinerja guru yang belum maksimal ini dapat dilihat pada tidak kompetennya guru dalam menyampaikan bahan ajar dalam proses pembelajaran. Kemudian keterbatasan pengetahuan dalam penyampaian materi baik dalam penggunaan metode mengajar maupun buku penunjang pokok pembelajaran. Sehingga secara tidak langsung dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Mengingat pentingnya peran seorang guru dalam proses pembelajaran di kelas, sangat dibutuhkan kinerja guru yang baik agar mampu menyukseskan pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan ini, maka diperlukan peran dari kepala sekolah sebagai penggerak dan penentu arah kebijakan sekolah.

Berbagai upaya dapat dilakukan oleh kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru. Pertama, kepala sekolah sebagai pendidik harus dapat menciptakan iklim sekolah yang kondusif, memberikan dorongan kepada seluruh tenaga kependidikan, serta melaksanakan model pembelajaran yang menarik.

Kedua, kepala sekolah sebagai manajer harus dapat bekerja sama dan memberi kesempatan kepada para tenaga kependidikan untuk meningkatkan profesinya. Ketiga, kepala sekolah sebagai motivator harus dapat memberikan motivasi kepada para tenaga kependidikan dalam melakukan berbagai tugas dan fungsinya.

Selain tiga hal tersebut, kepala sekolah juga perlu untuk mengikutsertakan dan memberikan kesempatan kepada guru dalam mengikuti forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Kelompok Kerja Guru (KKG) dan berbagai pelatihan lainnya baik yang sesuai dengan bidang studi masing-masing maupun hal-hal lain yang dapat meningkatkan profesionalitas guru. Setelah kepala sekolah SD Negeri Rejoagung 02 menerapkan berbagai upaya pembinaan kepada guru berupa pembinaan peningkatan kemampuan, dapat terbukti bahwa peran kepemimpinan kepala sekolah ternyata dapat meningkatkan kinerja guru di SD Negeri Rejoagung 02.

Hal ini terlihat dari guru dalam menyampaikan materi sudah lebih baik dengan menggunakan metode mengajar yang bervariasi. Sehingga hasil belajar siswa pun mengalami peningkatan. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved