Breaking News:

Guru Berkarya

Kenalkan Lingkungan Alam Sekitar dengan Discovery Learning

Belajar merupakan suatu usaha yang dilakukan seseorang guna memperoleh perubahan tingkah laku sebagai hasil pengalaman pribadi dalam interaksinya...

Editor: abduh imanulhaq
IST
Hamdiyati SPdSD, Guru SDN Tambahrejo 02 Kec Bandar Kab Batang 

Oleh: Hamdiyati SPdSD, Guru SDN Tambahrejo 02 Kec Bandar Kab Batang

BELAJAR merupakan suatu usaha yang dilakukan seseorang guna memperoleh perubahan tingkah laku sebagai hasil pengalaman pribadi dalam interaksinya dengan lingkungan (Krisbiyanto, 2018: 65). Hal tersebut selaras dengan konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara yang menyatakan bahwa pendidikan merupakan upaya untuk dapat meningkatkan daya cipta, rasa, dan karsa seseorang.

Di era pandemi dan digitalisasi seperti saat ini, pembelajaran telah mengalami berbagai perubahan yang cukup pesat dan signifikan. Perubahan tersebut salah satunya menyasar bahan ajar yang perlahan berubah dari model text book menjadi pengamatan alam serta lingkungan sekitar.

Pembelajaran berbasis alam sekitar tersebut salah satunya tampak pada mata pelajaran tematik Kelas VI, khususnya pada Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup dengan subtema Tumbuhan Sahabatku KD 3.1. Pada aplikasinya proses pembelajaran dengan laboratorium hidup berupa alam sekitar tersebut memerlukan adanya sebuah metode belajar yang relevan dan mampu menjadi pendukung dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan.

Salah satu metode pembelajaran tersebut adalah metode belajar discovery learning. Metode discovery learning merupakan proses pembelajara yang penyampaian materinya disajikan secara tidak lengkap agar peserta didik secara aktif mampu menemukan sendiri konsep atau prinsip yang belum diketahuinya (Salmi, 2019: 5).

Proses pembelajaran ini telah efektif dilaksanakan di SD Negeri Tambahrejo, Kabupaten Batang. Pada pelaksanaannya, peserta didik secara aktif akan melakukan pengamatan terhadap lingkungan alam di sekitar khususnya mengenai proses perkembangbiakan tumbuhan yang dilakukan secara generatif.

Penggunaan metode discovery learning ini dinilai relevan untuk dapat meningkatkan kreativitas dan ketajaman berpikir anak sejak dini. Khususnya untuk dapat menelaah berbagai fenomena yang terjadi di sekitar mereka.

Penerapan metode discovery learning dalam pembelajaran tematik juga bertujuan untuk dapat mendekatkan anak dengan pengetahuan secara konseptual, bukan tekstual. Sehingga, diharapkan ilmu pengetahuan yang diperoleh anak mampu tertanam lebih lama karena proses belajar yang berlandaskan keinginan untuk ‘menemukan sesuatu’ dan bukan hanya dorongan untuk ‘mendapatkan sesuatu’ saja. Penggunaan metode tersebut juga dilatarbelakangi oleh adanya fenomena bahwa saat ini anak-anak lebih dekat dengan penggunaan smartphone atau gadget daripada pengalaman di alam atau lingkungan sekitar.

Hasil dari adanya model pembelajaran discovery learning pada Tema 1 Subtema 1 KD 3.1 menunjukkan hasil yang sangat memuaskan. Hal tersebut ditunjukkan oleh adanya peran aktif anak-anak yang mampu menjabarkan secara rinci hasil pengamatannya. Selain itu, ditinjau dari perspektif psikologis, anak akan memiliki rasa kompetitif guna mendapatkan informasi yang paling valid berdasarkan tugas pengamatan yang telah diberikan oleh pendidik.

Secara umum, model pembelajaran discovery learning yang diterapkan di SD Negeri Tambahrejo, Kabupaten Batang pada Tema 1 Subtema 1 KD 3.1, yaitu perkembangbiakan tumbuhan secara generatif, telah dapat dilaksanakan secara efektif. Pembelajaran ini efektif karena mampu membangkitkan rasa keingintahuan peserta didik, pemikiran kritis, serta keberanian peserta didik untuk dapat menemukan hal-hal baru guna memperkuat pengetahuan yang telah mereka miliki sebelumnya, khususnya terkait dengan perkembangbiakan tumbuhan.

Hal tersebut juga sekaligus membuktikan bahwa pendidikan dapat dilakukan di berbagai tempat. Tidak hanya terbatas pada tekstualitas bahan ajar saja tetapi juga meliputi pengalaman belajar atau proses perolehan pengetahuan yang dilakukan peserta didik secara langsung. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved