Breaking News:

Guru Berkarya

Menciptakan Pembelajaran Lebih Menarik melalui Google Workspace for Education

Kegiatan belajar mengajar merupakan salah satu sarana yang dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan siswa di SDN Sinomwidodo 01.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Sri Lestari SPdSD, Guru SDN Sinomwidodo 01 Kec Tambakromo Pati 

Oleh: Sri Lestari SPdSD, Guru SDN Sinomwidodo 01 Kec Tambakromo Pati

KEGIATAN belajar mengajar merupakan salah satu sarana yang dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan siswa di SDN Sinomwidodo 01 Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati dalam peningkatan potensi akademik. Oleh karena itu, segala kegiatan yang berkaitan dengan pembelajaran, baik dari segi interaksi, metode, dan sarana pendukungnya harus direncanakan dan dipersiapkan secara tepat serta maksimal. Sehingga tujuan proses pembelajaran dapat tercapai sesuai yang dikehendaki.

Di masa pandemi ini, kita sebagai guru harus bisa berkreasi agar pembelajaran berlangsung dengan baik dan menyenangkan. Kita harus bisa mengoptimalkan penggunaan alat-alat edukasi yang ada di sekitar kita.

Salah satunya adalah Google Workspace for Education yang terdapat di akun belajar.id. Dengan Google Workspace for Education kita bisa memaksimalkan akun id untuk merancang pembelajaran yang kolaboratif, membangun komunikasi yang efektif dan juga membuat metode pembelajaran yang hemat waktu. Dalam KD 4.4 tentang Menyajikan hasil penggalian informasi tentang konsep perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam bentuk tulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif, saya menggunakan metode Google Workspace for Education dalam pembelajaran.

Menurut Jeff Pujianto (2021)Google Workspace for Education adalah kumpulan alat yang membantu kita untuk menyelesaikan tugas. Kita dapat menulis laporan, membuat presentasi , membuat kuis, merencanakan pembelajaran, menilai tugas dan masih banyak lagi.

Google Workspace for Education sering disingkat GWE. GWE sering digunakan oleh ribuan pengajar dan siswa diseluruh dunia karena Google Workspace dirancang untuk kolaborasi, komunikasi dan kreativitas.

Ada banyak manfaat dari Google Workspace for Education di antaranya mendukung kolaborasi yang lancar antar siswa, meningkatkan produktifitas, berkomunikasi secara fleksibel antara pengajar dan siswa, mengelola tugas anak, memberikan keamanan terpercaya. Dengan teknologi akan membantu anak-anak dan pengajar dalam proses pembelajaran terutama di masa pandemi seperti ini..Mari kita berdayakan komunitas sekolah dengan alat yang simple dan fleksibel untuk meningkatkan efektitifitas kerjasama, mengelola kelas dan mendukung linkungan belajar yang lebih aman.

Untuk dapat menggunakan aplikasi Google Workspace for Education, harus dipastikan, guru dan siswa telah memiliki akun belajar.id. Yang sebelumnya akun belajar.id tersebut harus diaktifkan terlebih dahulu. @belajar.id merupakan nama domain yang dipilih Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atas dasar kemudahan diingat oleh pengguna akun pembelajaran serta kesesuaian esensi dari Pendidikan itu sendiri aplikasi ini.

Dengan Google Workspace for Education akan membantu kita menghemat waktu dengan membuat latihan soal, mengatur tugas kelas, mendistribusikan penilaian, dan berbagi masukan yang kaya dengan mudah. Dengan Google Workspace for Education akan membantu kita mengurangi beban kerja dengan memposting dan menjadwalkan tugas serta membuat daftar tugas di Classroom.

Dengan Google Workspace for Education akan dapat mempermudah kolaborasi , menyederhanakan pembelajaran dan menjaga keamanan lingkungan belajar kita. Membuat lingkungan belajar yang inklusif dengan menyediakan pengaturan aksibilitas khusus yang disesuaikan dengan gaya belajar setiap siswa.

Dengan adanya Google Workspace foe Education diharapkan setidaknya bisa sedikit mengurangi dampak tidak adanya pembelajaran tatap muka. Google Workspace for Education dinilai sangat efektif untuk pembelajaran di SDN Sinomwidodo 01 dibuktikan prestasi belajar meningkat dengan hasil nilai di atas KKM. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved