Breaking News:

Guru Berkarya

Tingkatkan Keaktifan Peserta Didik dengan Team Quiz

Akuntansi adalah suatu proses yang meliputi: pencatatan, penggolongan, peringkasan, dan pelaporan transaksi keuangan perusahaan yang terjadi...

Editor: abduh imanulhaq
IST
Drs Hadi Waluyo, Guru SMKN 1 Pemalang 

Oleh: Drs Hadi Waluyo, Guru SMKN 1 Pemalang

AKUNTANSI adalah suatu proses yang meliputi: pencatatan, penggolongan, peringkasan, dan pelaporan transaksi keuangan perusahaan yang terjadi dalam suatu periode tertentu. Mata Pelajaran Akuntansi merupakan bagian dari mata pelajaran produktif di SMK Negeri 1 Pemalang yang diajarkan sesuai yang tercantum dalam K-13.

Salah satu materi akuntansi yang diajarkan di kelas XI jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) adalah persamaan dasar akuntansi dan konsep debet dan kredit akuntansi pemerintah yang tercakup dalam KD 3.2. Materi tersebut bagi sebagian peserta didik masih terkesan kurang menarik karena sering disampaikan dengan model pembelajaran yang monoton.

Berdasarkan temuan di kelas, hanya 20% peserta didik yang aktif dalam kegiatan pembelajaran sedangkan selebihnya kurang berpartisipasi. Padahal partisipasi aktif peserta didik sangat mempengaruhi ketercapaian tujuan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar.

Hal ini dapat diatasi salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan. Guru sebagai salah satu faktor penting dalam menentukan keberhasilan kegiatan pembelajaran di kelas diharapkan mampu menciptakan langkah-langkah kreatif dan inovatif yang menjadikan proses pembelajaran lebih bermakna.

Salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran yaitu metode Team Quiz. Metode Team Quiz merupakan metode pembelajaran dengan membentuk sebuah kelompok.

Metode ini melatih keberanian serta rasa tanggung jawab setiap anggota kelompok dalam menyiapkan kuis jawaban singkat. Setiap kelompok akan menjadi pemandu kuis dan kelompok secara bergantian.

Menurut Siberman (2013: 164), model pembelajaran Team Quiz dapat meningkatkan kemampuan tanggung jawab peserta didik terhadap materi yang mereka pelajari melalui cara yang menyenangkan dan tidak menakutkan. Kelebihan dari model pembelajaran Team Quiz yaitu mampu meningkatkan keaktifan peserta ddik dalam pembelajaran. Maisaroh (2011: 87) mengemukakan Team Quiz merupakan salah satu metode pembelajaran Aktif Learning yang berfungsi untuk menghidupkan suasana belajar, mengaktifkan peserta didik untuk bertanya maupun menjawab.

Langkah-langkah penerapan model pembelajaran Team Quiz dapat dilakukan dengan guru memilih topik yang dapat disampaikan dalam tiga bagian. Kemudian peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok.

Guru kemudian menyampaikan materi maksimal 10 menit. Setelah penyampaian, guru meminta kelompok A untuk menyiapkan pertanyaan berkaitan dengan materi yang disampaikan.

Kelompok B dan C dapat menggunakan waktu untuk mempelajari kembali catatan mereka. Kemudian tim A memberikan kuis untuk anggota tim B.

Jika tim B tidak bisa menjawab, maka tim C diberi kesempatan untuk menjawab. Selanjutnya tim A memberikan pertanyaan kepada anggota tim C, dan ulangi prosesnya.

Ketika kuis selesai lanjutkan dengan bagian kedua pelajaran dan tunjuk tim B sebagai pemimpin kuis. Jika sudah selesai, kemudian tim C sebagai pemimpin kuis. Guru mengakhiri pembelajaran dengan menyimpulkan materi dan memberikan penguatan peserta didik.

Penerapan model pembelajaran Team Quiz di SMK Negeri 1 Pemalang meningkatkan hasil belajar akuntansi secara signifikan. Peserta didik juga dapat menyelesaikan soal dengan aturan dan cara yang sudah dijelaskan oleh guru sebelumnya.

Kemudian peserta didik juga telah memahami pertanyaan dalam soal sebelum menjawab. Masing-masing peserta didik berpartisipasi secara aktif dalam kelompoknya. Peningkatan-peningkatan aktivitas belajar peserta didik ini mengakibatkan adanya peningkatan hasil belajar masing-masing peserta didik. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved