Breaking News:

Guru Berkarya

Belajar Matematika Asyik dengan Game Quzizz

Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran...

Editor: abduh imanulhaq
IST
Sukiyati SPd, Guru SMAN 1 Sumber Kab Rembang 

Oleh: Sukiyati SPd, Guru SMAN 1 Sumber Kab Rembang

PENDIDIKAN adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Suatu kenyataan saat ini, ketika pandemi Covid-19 belum berakhir di negeri ini, muncul dilema yang sulit untuk dipecahkan dalam dunia pendidikan.

Berbagai tatanan kehidupan semuanya harus berubah. Sebelum pandemi melanda dunia, guru selalu melarang siswa membawa gawai karena dianggap akan mengganggu siswa dalam belajar. Namun, sekarang ini gawai adalah alat belajar utama bagi siswa dalam mengikuti pembelajaran dalam jaringan (daring).

Kita menyadari game itu asyik. Game itu menyenangkan, game itu menantang. Ketiga hal itulah yang menjadikan game itu dipilih siswa.

Kirremuir dan Mcfarlene (2004) mengatakan bahwa bermain vidio game dapat mengembangkan kemampuan, seperti pemikiran strategis, perencanaan komunikasi, pengaplikasian angka, kemampuan komunikasi, dan pengambilan keputusan. Dengan memperhatikan hal tersebut, maka sudah sepantasnya kita coba pembelajaran yang kita lakukan dngan mengadopsi game?

Sebagai guru matematika di SMA Negeri 1 Sumber, Kabupaten Rembang, pun mengalami hal yang sama. Sebagai contoh, penulis ketika mengajar kelas XII semester 2 tentang kompetensi dasar (KD) peluang harus berpikir bagaimana mendesain pembelajaran agar siswa merasa asyik, senang, dan tertantang. Salah satu yang penulis praktikkan adalah pembelajaran dengan media Game Quizizz.

Game Quizizz merupakan media pembelajaran yang dalam pengunaannya memerlukan sarana smartphone dan tablet yang memiliki sistem operasi android ataupun komputer dan laptop. Dengan adanya media tersebut memungkinkan siswa belajar dengan kemampuan dan kecepatan dalam memahami pengetahuan yang diperoleh.

Penggunaan media ini memungkinkan siswa melakukan kontrol belajar sesuai kemampuannya sendiri. Game Quizizz juga memiliki beberapa kelebihan antara lain membantu siswa yang memiliki keterbatasan dalam menerima materi karena media ini mempunyai semua ranah kognitif, afektif dan psikomotorik sehingga tidak membosankan. Kemudian lebih interaktif sehingga minat siswa dalam belajar akan lebih besar, disajikan dengan tulisan dan gamba  sehingga menarik siswa, lebih simple karena bisa diinstal di smartphone dan tablet ataupun computer, dan dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun.

Game Quizizz merupakan sebuah webtool  untuk membuat permainan kuis interaktif yang digunakan dalam pembelajaran di kelas. Kuis interaktif  yang dibuat memiliki hingga 4 pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar dan dapat ditambahkan gambar ke latar belakang pertanyaan. Bila pembuatan kuis sudah jadi, kita dapat membagikan kode ke siswa agar siswa dapat login ke kuis tersebut. 

Melalui Game Quizizz marilah kita coba mengalihkan siswa yang semula senang bermain game untuk memperoleh hiburan saja menjadi mulai menyukai Game Quizizz sebagagai game edukasi. .Dengan Game Quizizz anak akan tetap bisa bermain game sekaligus dapat belajar matematika dengan mudah dan menyenangkan. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved