Breaking News:

Guru Berkarya

Efektifkan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Simulation Games

Bimbingan dan konseling mempunyai peranan penting di sekolah, karena dapat menjadi salah satu cara sekolah dalam menangani siswa.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Sri Soegiyanti SPd, Guru SMAN 1 Comal Kab Pemalang 

Oleh: Sri Soegiyanti SPd, Guru SMAN 1 Comal Kab Pemalang

BIMBINGAN dan konseling mempunyai peranan penting di sekolah. Pemberian layanan bimbingan dan konseling dapat menjadi salah satu cara sekolah dalam menangani siswa baik yang sedang memiliki masalah ataupun tidak.

Pemberian layanan dapat dilakukan secara individu maupun kelompok. Bimbingan kelompok berbeda dengan konseling kelompok. Bimbingan kelompok berfungsi untuk pengenalan dan pengembangan, sedangkan konseling kelompok berfungsi mengentaskan.

Menurut Romlah (2006: 3), bimbingan kelompok merupakan proses pemberian bantuan yang diberikan pada individu dalam situasi kelompok yang bertujuan untuk mencegah timbulnya masalah pada siswa dan mengembangkan potensi yang dimiliki oleh siswa. Salah satu potensi yang dapat dikembangkan saat bimbingan kelompok yaitu potensi sikap kepemimpinan siswa. Hal ini juga dijabarkan pada Kompetensi Dasar (KD) layanan bimbingan konseling bahwa siswa mampu melaksanakan kepemimpinan remaja yang efektif dan efisien atau mumpuni sesuai dengan karakter seorang pemimpin handal.

Bimbingan kelompok yang ada di kelas 11 SMA Negeri 1 Comal belum berjalan secara maksimal. Terutama yang bertujuan untuk mengembangkan potensi kepemimpinan siswa.

Berdasarkan fakta di lapangan, sejumlah 71,25% siswa belum menunjukkan sikap yang baik layaknya sikap seorang pemimpin. Di antaranya kurang memiliki sikap tanggung jawab, rela berkorban, kepedulian, loyalitas, dan sikap disiplin.

Kurangnya sikap kepemimpinan ini dapat berdampak pada hubungan sosial siswa. Sikap-sikap tersebut tentu bertentangan dengan karakteristik sikap kepemimpinan yaitu adanya rasa tanggung jawab baik untuk diri sendiri maupun orang lain, membawa energi positif, peduli terhadap sesama, melihat kehidupan sebagai tantangan, serta latihan mengembangkan diri sendiri.

Permasalahan ini dapat diatasi dengan memberikan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik simulation games. Bimbingan kelompok dengan teknik simulation games merupakan layanan bimbingan konseling yang dapat diberikan kepada siswa dalam meningkatkan sikap kepemimpinan dalam diri siswa.

Menurut Fithriyana (2014: 139), bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik simulation games ini merupakan salah satu cara untuk merefleksikan realitas kehidupan sehari-hari melalui suasana bermain. Biasanya dibuat dengan tujuan untuk membantu siswa dalam mempelajari pengalaman-pengalaman yang berkaitan dengan aturan-aturan sosial.

Ada beberapa langkah dalam penerapan teknik ini. Pertama, menentukan konsep permainan yang mengandung nilai-nilai yang ingin diberikan kepada siswa, adapun nilai yang ingin disampaikan adalah sikap kepemimpinan.

Kedua, menentukan peserta permainan, biasanya terdiri dari terdiri atas fasilitator, penulis, pemain, pemegang peran, dan penonton. Ketiga, guru menyediakan alat permainan beserta kelengkapannya.

Keempat, fasilitator (guru atau konselor) menjelaskan tujuan permainan. Kelima, menentukan pemain, pemegang peran, dan penulis.

Keenam, menjelaskan aturan permainan. Ketujuh, pelaksanaan permainan dan diskusi. Kedelapan, menyimpulkan hasil diskusi setelah seluruh permainan selesai dan mengemukakan nilai-nilai yang didapat dari permainan yang telah dilakukan.

Jadi, penggunaan teknik simulation games pada bimbingan kelompok di kelas 11 SMA Negeri 1 Comal sudah jauh lebih efektif untuk meningkatkan potensi kepemimpinan siswa. Hal ini terlihat dari sebelumnya 71,25% siswa belum nampak sikap kepemimpinan pada dirinya.

Kemudian berkurang menjadi 33,5% siswa sudah menunjukkan sikap yang baik layaknya sikap seorang pemimpin. Penggunaan teknik simulation games ini juga dapat menjadikan siswa lebih berpartisipasi aktif dalam kegiatan bimbingan kelompok. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved