Breaking News:

Berita Pekalongan

Kota Pekalongan Naik ke PPKM Level 3, Pemkot Sasar Vaksinasi Lansia Hingga Tingkat RT

Naiknya status Kota Pekalongan, Jawa Tengah ke level 3 PPKM, dikarenakan jumlah vaksinasi terutama lansia belum mencapai target.

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: galih permadi
TRIBUNJATENG/INDRA DWI PURNOMO
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan Slamet Budiyanto  

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Naiknya status Kota Pekalongan, Jawa Tengah ke level 3 PPKM, dikarenakan jumlah vaksinasi terutama lansia belum mencapai target.

Oleh karena itu, Dinas Kesehatan Kota Pekalongan akan menyusun program percepatan vaksinasi bagi warga lansia dengan mendekatkan lokasi vaksinasi ke tingkat RT.

Hal tersebut diungkapkan, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan Slamet Budiyanto kepada Tribunjateng.com, Kamis (7/9/2021).

"Cakupan vaksinasi untuk lansia saat ini masih berada di angka 32,9 %. Kondisi tersebut membuat status PPKM Kota Pekalongan kembali naik ke level 3.

Percepatan vaksinasi akan dilakukan dalam rangka mengejar target tersebut," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan Slamet Budiyanto.

Menurutnya, nantinya untuk percepatan vaksinasi akan didekatkan ke tingkat RT.

Kalau door to door itu kesulitan, karena dalam vaksinasi ini diperlukan dokter yang akan menentukan lansia bisa divaksin atau tidaknya.

"Untuk percepatan capaian vaksinasi lansia dibutuhkan banyak dokter. Sehingga yang memungkinkan vaksinasi akan didekatkan ke tingkat RT," ujarnya.

Pihaknya menjelaskan, cakupan vaksinasi dosis 1 untuk masyarakat umum, sebenarnya sudah mencapai angka 53 %.

Namun, karena cakupan untuk vaksinasi lansia masih di bawah 40 % dan belum memenuhi kriteria, PPKM Kota Pekalongan kembali naik ke level 3.

"Memang, salah satu indikator dalam penilaian level adalah cakupan vaksinasi.

Masyarakat umum sebenarnya sudah mencapai 53 %, tapi untuk lansia masih 32,9 %, masih jauh dari target 40 %," jelasnya. (Dro)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved