Breaking News:

Guru Berkarya

Unggah-Ungguh Basa dalam Pendidikan Karakter

Sebagai seorang pendidik, pasti kita menginginkan peserta didik tidak hanya memiliki keunggulan kecerdasan intelektual dalam berfikir...

Editor: abduh imanulhaq
IST
Indri Vitriani SPdSd, Guru SDN Pohgading Kec Gembong Kab Pati 

Oleh: Indri Vitriani SPdSd, Guru SDN Pohgading Kec Gembong Kab Pati

SEBAGAI guru, pasti kita menginginkan peserta didik tidak hanya memiliki keunggulan kecerdasan intelektual dalam berfikir melainkan juga keunggulan dalam karakter kepribadian yang baik. Hal tersebut terkadang menjadi masalah bagi sebagian besar pendidik untuk menerapkannya pada peserta didik.

Salah satu faktor penyebabnya yaitu kurangnya penerapan pendidikan karakter dalam pelajaran Bahasa Jawa materi unggah ungguh Basa. Hal ini juga menjadi masalah dalam penerapan Pendidikan karakter kelas III di SD Negeri Pohgading.

Pendidikan karakter sebagai pilar pendidikan budi pekerti bangsa menjadi penting karena menentukan kemajuan peradaban suatu bangsa. Bangsa yang unggul tidak hanya dilihat dari kecerdasan serta kepintaran, tetapi juga moral dan budi pekerti yang yang mulia (berkarakter).

Menurut Rahardjo (2010:10), pendidikan karakter adalah suatu proses pendidikan yang holistik yang menghubungkan dimensi moral dengan ranah sosial dalam kehidupan peserta didik sebagai pondasi bagi terbentuknya generasi yang berkualitas yang mampu hidup mandiri dan memiliki prinsip suatu kebenaran yang dapat dipertanggungjawabkan.

Pendidikan karakter tidak dapat lepas dari Pendidikan Bahasa Jawa di sekolah. Pendidikan Bahasa Jawa memiliki nilai-nilai moral yang sangat mulia apabila diterapkan dalam kehidupan.

Nilai-nilai yang terdapat dalam pelajaran Bahasa Jawa antara lain norma sopan santun, toleransi, gotong royong dan masih banyak nilai lain yang bisa digali. Penerapan pendidikan karakter dapat dimulai dari hal-hal yang kecil, misal menerapkan pembiasaan penggunaan unggah ungguh basa dalam kehidupan sehari-hari.

Penerapan kebiasaan ini dapat membantu peserta didik dalam memahami arti pentingnya menghormati orang yang lebih tua ataupun teman sebayanya. Sekarang ini sulit menemukan peserta didik yang masih memahami arti pentingnya berbicara sopan dengan orang yang lebih tua.

Mereka cenderung tabu akan pentingnya memahami norma-norma kehidupan apalagi yang berkaitan dengan Bahasa Jawa. Bahasa Jawa seolah menjadi momok bagi peserta didik dalam pembelajaran.

Hal ini dikarenakan pelajaran Bahasa Jawa seolah hanya dijadikan pelajaran sampingan yang tidak terlalu penting dalam dunia Pendidikan. Padahal kalau kita telaah bersama, pendidikan Bahasa Jawa terutama dalam hal unggah ungguh basa, memiliki makna kehidupan yang penting bagi keberlangsungan hidup rukun dan damai di semua lapisan masyarakat.

Penerapan pembiasaan penggunaan unggah ungguh basa memang akan terasa sulit apabila dilakukan dengan paksaan terhadap peserta didik. Akan tetapi, pembiasaan tersebut dapat diterima peserta didik dengan baik apabila menggunakan metode yang tepat.

Pemberian contoh oleh pendidik merupakan hal yang sangat penting dilakukan karena peserta didik akan meniru apa yang mereka lihat dan dengar. Selain itu, kita dapat membuat semacam kuis menarik menggunakan kartu kata tentang unggah ungguh basa.

Peserta didik yang tergabung dalam kelompok dapat menemukan jawaban secara acak sesuai pertanyaan yang diberikan melalui kartu. Mereka akan berusaha menemukan jawaban yang tepat agar dapat menuju soal berikutnya dan akhirnya memenangi kuis.

Semoga dengan menerapkan pembiasaan unggah ungguh basa, peserta didik dapat menerapkan pendidikan karakter sesuai dengan karakter bangsa Indonesia. Diharapkan peserta didik dapat menjadi generasi yang cerdas, berkualitas,unggul dalam berbagai aspek kehidupan dan memiliki prinsip suatu kebenaran yang dapat dipertanggungjawabkan. Mari bersama-sama membangun karakter anak bangsa melalui penerapan pembiasaan unggah ungguh basa dalam kehidupan sehari-hari. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved