Breaking News:

Berita Jepara

Jepara Banyak Atlet Panjat Tebing Berpotensi, Bupati Dian akan Tambah Climbing Wall

Bupati Jepara berencana menambah papan panjat dinding, akan terealisasi pada 2022.

Penulis: Muhammad Yunan Setiawan | Editor: sujarwo
Dok. Humas Pemkab Jepara
Bupati Jepara Dian Kristiandi saat bertemu dengan Pengurus Kabupaten (Pengkab) Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Jepara, di ruang kerjanya, Jumat (8/10/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, JEPARA- Bupati Jepara Dian Kristiandi berencana menambah papan panjat dinding (climbing wall). Penambahan ini direncanakan akan terealisasi pada 2022.

Menurutnya, dinding panjat tebing ini bisa ditempatkan di daerah wisata yang ada di Kabupaten Jepara. Untuk itu, dia meminta Dinas Pariwisata memilih tempat yang pas pemasangan dinding tersebut.

"Penempatannya silahkan nanti dipilih yang tepat. Selain untuk peningkatan prestasi, juga bisa digunakan sebagai ajang sport tourism. Yang jelas kita akan dukung untuk peningkatan prestasi olahraga di Jepara,” katanya saat bertemu dengan Pengurus Kabupaten (Pengkab) Federasi Panjang Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Jepara, di ruang kerjanya, Jumat (8/10/2021).

Sementara itu Kepala Disparbud Zamroni Lestiaza menambahkan pihaknya akan mempertimbangkan usulan dari FPTI Jepara terkait penambaham fasilitas latihan. Ada dua usulan yakni pengadaan climbing wall dan speed wall.

Menurutnya, speed wall bisa ditempatkan di kawasan wisata di Pantai Bandengan. Sementara yang climbing wall bisa di kawasan wisata lain.

"Sport tourism memang jadi prioritas kami. Sebelumnya juga sudah ada triathlon," jelasnya.

Ketua Pengkab FPTI Jepara Saiful Hadi mengungkapkan jika potensi prestasi dari panjat tebing cukup besar. Jumlah klub panjat tebing Jepara juga menjadi yang terbanyak di Jawa tengah. Ada 19 klub yang sudah terdaftar di FPTI Jepara.

Menurut Saiful, selama ini atlet panjat tebing latihan dengan fasilitas terbatas. Mereka, kata dia, memanfaatkan fasilitas yang ada di kampus atau di yang terdedia di GOR Jatidiri Semarang.

Dia berharap dengan adanya fasilitas di Jepara, skill pemain semakin terasah dan tidak perlu lagi kesulitan mencari tempat latihan.

Saat ini attlet panjat tebing Jepara, Sholikin yang mewakili kontingen Jawa Tengah berhasil memperoleh medali di PON Papua 2021 ini. 1 medali perak dan satu medali perunggu.

“Dengan potensi yang ada itu, memang perlu tambahan sarana latihan. ,” kata Saiful.

Lebih lanjut Saiful menyampaikan jika Oktober ini pihaknya akan menggelar seleksi Kejurkab panjat tebing sebagai ajang seleksi atlet dikirimkan ke Kejurprov kelompok umur. 

“Dengan tambahan fasilitas, kita berharap prestasi atlet panjat dinding akan semkin baik,” ungkap dia. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved