Breaking News:

Guru Berkarya

Kreasi Teks Eksplanasi dengan Interactive Workbook

Memahami materi teks eksplanasi memiliki banyak manfaat jika dipelajari dengan benar.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Gudiharti SPd, Guru SMKN 1 Pemalang¬† 

Oleh: Gudiharti SPd, Guru SMKN 1 Pemalang 

MEMAHAMI materi teks eksplanasi memiliki banyak manfaat jika dipelajari dengan benar. Mempelajari materi teks eksplanasi mengajarkan kita untuk bisa memahami bagaimana suatu informasi secara detail yang tentunya berdasarkan pada data serta fakta yang ada.

Menurut Kosasih (2014), teks eksplanasi bila dikaitkan dengan genre teks merupakan suatu teks yang isinya menjelaskan mengenai suatu proses atau peristiwa. Dapat berupa asal-usul, proses atau perkembangan suatu fenomena serta beberapa peristiwa alam, sosial maupun budaya.

Mengingat pentingnya peranan mempelajari teks eksplanasi di SMKN 1 Pemalang, khususnya kelas 11, telah diajarkan materi teks eksplanasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di KD 3.3 yaitu menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan. Mengingat manfaat yang bisa dipetik ketika siswa dapat mempelajari materi teks eksplanasi dengan baik, diperlukan media belajar yang dapat menunjang proses pembelajaran siswa meskipun harus belajar dari rumah.

Salah satu bentuk kreasi guru untuk memudahkan siswa dalam mempelajari materi teks eksplanasi yaitu dengan menggunakan Interactive Workbook. Ide kreatif ini muncul sebagai bentuk respons atas hasil evaluasi pembelajaran di tahun ajaran sebelumnya yang hanya bermodalkan buku teks tanpa diinovasikan menjadi sebuah media yang menarik. Akibatnya, menyebabkan hasil belajar siswa kurang baik.

Menurut M Nunu (2014), media pembelajaran memiliki manfaat di antaranya menyeragamkan materi pembelajaran, proses pembelajaran berjalan lebih menarik dan interaktif, efisien dalam waktu dan tenaga, dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Kemudian dapat menumbuhkan sikap positif siswa terhadap materi dan proses belajar.

Selain itu dapat mengubah peran guru menjadi lebih positif dan produktif. Interactive Workbook sendiri dapat dibuat menggunakan fitur Liveworksheets yang beredar di internet.

Adapun tahapan pembelajaran menggunakan Interactive Workbook yaitu pastikan guru sudah memiliki akun di web Liveworksheets. Kemudian log in menggunakan username dan password sebagai guru. Kemudian siapkan rangkuman materi serta kumpulan soal bertemakan menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang akan diupload dalam bentuk pdf dengan ukuran maksimal 5 MB.

Pastikan bahan materi dan soal sudah terupload dan diberikan identitas yang sesuai. Selanjutnya petakan sejumlah siswa yang diampu sesuai dengan kelasnya masing-masing dan tambahkan sebagai murid dengan cara mendaftarkan username dan password.

Sementara itu, arahkan siswa untuk log in sesui username dan password masing-masing. Akan muncul tampilan Interactive Workbook yang sudah dibuat oleh guru.

Pelajari materi dan kerjakan soal yang tertera dalam Workbook layaknya mengerjakan tes di selembar kertas. Sebelum mengirimkan jawaban, pastikan anak mengecek kembali jawaban dengan memencet tombol save for later dan jika sudah yakin klik finish.

Di akhir pembelajaran materi teks eksplanasi di kelas 11 SMKN 1 Pemalang menggunakan Interactive Workbook, guru dapat mengecek hasil pengerjaan siswa sekaligus memberikan umpan balik. Di tahap ini terlihat bahwasannya hasil pengerjaan soal siswa mayoritas sudah melampui KKM. Hasil tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu gambaran bahwasannya siswa dapat memahami isi dari materi dan informasi dari contoh teks eksplanasi yang tertera dalam Interactive Workbook dengan baik. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved