Breaking News:

Berita Karanganyar

Masuk Candi Sukuh dan Candi Cetho Wajib Tunjukkan Bukti Surat Vaksin

Disparpora Karanganyar mulai menggagas penerapan aturan bukti vaksin Covid-19 menjadi syarat masuk objek wisata Candi Sukuh dan Cetho.

Penulis: Agus Iswadi | Editor: Daniel Ari Purnomo
Tribun Jateng/ Agus Iswadi
Kepala Disparpora Karanganyar, Titis Sri Jawoto.  

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga ( Disparpora) Karanganyar mulai menggagas penerapan aturan bukti vaksin Covid-19 menjadi syarat masuk objek wisata Candi Sukuh dan Cetho.

Sejak ditutup sementara karena adanya pembatasan kegiatan masyarakat sejak awal Juli 2021, akhirnya BPCB Jateng memberikan izin kepada Disparpora Karanganyar membuka kembali kunjungan Candi Sukuh dan Cetho mulai Sabtu (9/10/2021).

Kepala Disparpora Karanganyar, Titis Sri Jawoto menyampaikan, ada beberapa aturan yang diberlakukan selama dibukanya kembali Candi Sukuh dan Cetho.

Seperti pengunjung usia 12 tahun ke bawah belum diperbolehkan memasuki kawasan wisata.

Selain itu dinas juga akan mulai melakukan uji coba penerapan bukti vaksin Covid-19 sebagai syarat masuk Candi Sukuh dan Cetho. 

"Aplikasi Pedulilindungi baru proses (pendaftaran), nanti sambil jalan. Sementara kita menggunakan manual menunjukan kartu vaksin," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Jumat (8/10/2021).

Penerapan bukti vaksin sebagai syarat memasuki kawasan wisata sementara hanya diberlakukan di Candi Sukuh dan Cetho yang pengelolaannya menjadi kewenangan dinas. 

Menurutnya, penerapan bukti vaksin menjadi syarat masuk wisata menjadi contoh bagi pengelola objek wisata swasta.

Sehingga nantinya mereka diharapkan juga dapat mengikuti jejak dinas dengan menerapkan aturan bukti vaksin menjadi syarat masuk kawasan wisata. 

Dinas sementara ini masih memberikan toleransi kepada pengunjung Candi Cetho dan Sukuh yang belum menerima penyuntikan dosis vaksin. 

"Kita lihat dua hari nanti. Kalau jumlah pengunjung yang sudah vaksin sedikit, nantinya akan kami toleransi bagi pengunjung yang belum divaksin. Tapi kalau jumlahnya pengunjung yang sudah divaksin justru sedikit, malah kami tidak beri toleransi," jelasnya. 

Sementara itu capaian vaksinasi dosis pertama di Kabupaten Karanganyar saat ini telah mencapai 72 persen dari jumlah sasaran. (Ais).

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved