Breaking News:

Liga Inggris

Newcastle United Resmi Diakuisisi Konsorsium Arab Saudi

Klub Premier League, Newcastle United, resmi diakuisisi oleh Konsorsium Arab Saudi.

Editor: sujarwo
TWITTER.COM/GOAL
Isaac Hayden mencetak gol kemenangan Newcastle United atas Chelsea dalam laga Liga Inggris di St James Park, 18 Januari 2020. 

TRIBUNJATENG.COM - Klub Premier League, Newcastle United, resmi diakuisisi oleh Konsorsium Arab Saudi pada Kamis (7/10/2021) malam WIB.

Konsorsium itu melibatkan Public Investment Fund atau Dana Investasi Publik (PIF) Arab Saudi, PCP Capital Partners, dan Reuben Bersaudara.

Dana Investasi Publik (PIF) mengambil alih mayoritas saham klub, yakni sebanyak 80 persen.

Sementara, PCP Capital dan Reuben Bersaudara masing-masing 10 persen.

Konsorsium tersebut mengakhiri kepemilikan Newcastle United yang selama 14 tahun terakhir dipegang oleh pengusaha asal Inggris, Mike Ashley.

Melansir dari Sky Sports, total biaya yang dikeluarkan untuk mengakuisisi Newcastle United senilai 300 juta poundsterling atau sekitar Rp 5,8 triliun. 

Proses akuisisi Newcastle yang dilakukan oleh grup konsorsium yang mendapat dukungan dari Pangeran Arab Saudi, Mohammed Bin Salman sempat terhenti pada tahun lalu.

Pasalnya, proses akuisisi klub mendapat penolakan dari berbagai pihak karena Arab Saudi disebut terlibat kasus pelanggaran HAM.

Terlebih lagi, salah satu pemegang hak siar Liga Inggris yang berawal dari Qatar, BeIN Sport, turut melakukan penolakan keras.

BeIN Sport enggan menyetujui akusisi tersebut lantaran Arab Saudi melarang layanan BeIN di negara mereka dan membiarkan tayangan ilegal Premier League merajalela.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved