Breaking News:

PLN Distribusi Jateng & DIY

PLN Gelar Apel Siaga Hadapi Musim Penghujan

PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Yogyakarta melakukan Apel Gelar Peralatan dan Pasukan Siaga Tanggap Bencana.

Editor: Editor Bisnis
IST
PLN Gelar Apel Siaga Hadapi Musim Penghujan 

TRIBUNJATENG.COM, YOGYAKARTA  - Dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi musim pancaroba dan kondisi cuaca ekstrim di akhir tahun 2021 PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Yogyakarta melakukan Apel Gelar Peralatan dan Pasukan Siaga Tanggap Bencana.

Kegiatan ini dihadiri oleh Seluruh Manager Unit Layanan Pelanggan, Supervisor Teknik, PJ K3L, petugas Pelayan Teknik, dan tim Pemeliharaan Preventif & Korektif. 

Manager PLN UP3 Yogyakarta, Ahmad Mustaqir menyampaikan bahwa dalam memasuki musim pancaroba, akan banyak potensi bencana, seperti banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung. Untuk itu PLN tetap berkomitmen dalam menjaga keandalan jaringan listrik, salah satunya dengan melakukan pemeliharaan. 

“Lebih baik bekerja keras untuk preventif, dengan pemeliharaan terpadu dan tuntas daripada bekerja keras karena sudah terjadi gangguan. Inspeksi harus dilakukan secara detail dan cermat, kemudian dieksekusi dengan cepat dan tepat. Safety adalah wajib. Tidak ada yang lebih penting dari keselamatan jiwa manusia,” terangnya. 

Ia menambahkan PLN juga mengharapkan masyarakat untuk berperan serta secara aktif dalam menjaga keandalan listrik. 

“Jarak aman pohon atau bangunan ke jaringan listrik adalah 3 meter, kami mengimbau masyarakat agar tidak menebang pohon dekat jaringan dan tidak bermain layang layang di dekat jaringan. Apabila menemukan hal yang membahayakan agar menghubungi Contact Center 123 atau melalui Aplikasi PLN Mobile,” imbuh Ahmad. 

PLN Gelar Apel Siaga Hadapi Musim Penghujan
PLN Gelar Apel Siaga Hadapi Musim Penghujan (IST)

Saat ini kondisi sistem PLN UP3 Yogyakarta berkapasitas trafo daya  terpasang sebesar 816 MW, dengan beban puncak tertinggi yaitu sebesar 424,1 MW. Sehingga prosentase pembebanan adalah sebesar 51,97 %. 

Untuk mengamankan pasokan listrik, PLN juga menyiagakan sebanyak sebanyak 372 orang personil yang didukung dengan 39 unit kendaraan roda empat dan 24 unit kendaraan roda dua, 7 personil Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) dengan 1 mobil PDKB Sentuh Langsung dan 1 mobil PDKB berjarak, serta 7 Tim Vendor Preventif-Korektif dengan 7 unit Mobil Crane yang siap siaga 24 jam. 

"Peralatan pendukung terdiri dari 17 Unit Gardu Bergerak dengan kapasitas total 1.180 KVA dan 18 Unit Genset dengan kapastias total 206 kVA", terangnya. 

Di era serba digital, PLN terus berinovasi dalam menyediakan layanan kelistrikan yang mudah bagi pelanggan. Dengan PLN Mobile pelanggan dapat dengan mudah menikmati layanan dalam satu genggaman. 

Pelanggan dapat mengakses layanan seperti pembelian token listrik, memeriksa tagihan, ubah daya, simulasi biaya permohonan, catat meter mandiri, dan pengaduan. 

"Aplikasi PLN Mobile dapat diunduh melalui Appstore dan Playstore, dengan PLN Mobile semua makin mudah," pungkas Ahmad. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved