Breaking News:

Guru Berkarya

SI Kurtilas Tingkatkan Efisiensi Pengolahan Nilai

Jadi tugas utama guru selain mengajar adalah melaksanakan penilaian dan evaluasi.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Tri Setiawan SPdSD, Guru SDN Galiran Sukolilo Pati 

Oleh: Tri Setiawan SPdSD, Guru SDN Galiran Sukolilo Pati

MENURUT UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pengertian guru adalah tenaga pendidik profesional yang memiliki tugas utama untuk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini melalui jalur formal pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Jadi tugas utama guru selain mengajar adalah melaksanakan penilaian dan evaluasi.

Perangkat penilaian dan evaluasi pada kurikulum 2013 cukup menyita waktu apabila dilakukan tanpa bantuan peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi khususnya komputer, laptop atau notebook. Guru di SDN Galiran dahulu menggunakan form Penilaian yang dikerjakan secara manual sehingga sangat menyita waktu dalam proses pengerjaannya. Belum lagi ketika harus proses menghitung Jumlah Nilai, Rerata Nilai, Prosentase ketuntasan soal serta proses pembuatan Konversi nilai dan proses Deskripsi terhadap penilaian tersebut.

Sebagai guru Teknologi Informasi dan Komunikasi penulis tergerak membuat suatu aplikasi penilaian yang mengacu pada sebuah sistem yang terintegrasi. Aplikasi yang diberi nama Sistem Informasi Kurikulum 2013 (SI Kurtilas) ini ng dapat dipergunakan mempercepat proses evaluasi dan penilaian bagi guru di kelas 6B SDN Galiran Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati.

Aplikasi SI Kurtilas yang diterapkan menggunakan aplikasi perkantoran Microsoft Office Excel 2007 yang sering dipergunakan dan penggunaannya sangat mudah. Aplikasi ini memuat informasi serta data-data yang digunakan di SDN Galiran seperti data sekolah, data guru, data mata pelajaran dan data siswa.

Semua data itu sudah secara langsung masuk ke dalam format penilaian sehingga memudahkan dalam pengolahan nilai. Dengan SI Kurtilas ini, input nilai mulai dari nilai pengetahuan, nilai ketrampilan, nilai sikap sampai pengolahan nilai rapot, analisis penilaian harian beserta tindak lanjutnya dan pengolahan proses kenaikan kelas sudah terintegrasi dalam sebuah menu yang mudah di pahami dan dapat langsung di cetak ke dalam bentuk dokumen.

Dalam aplikasi ini juga terdapat menu tambahan untuk membuat daftar hadir siswa, leger penilaian tengah semester sampai pembuatan leger penilaian akhir semester  yang diperlukan untuk proses penetapan kenaikan kelas bagi peserta didik. Aplikasi ini tidak memerlukan kemampuan yang tinggi dalam penggunaannya sehingga semua guru mampu untuk menjalankannya sewaktu-waktu di sela kesibukannya mengajar.  

Dengan demikian, harapan penulis dengan digunakannya aplikasi SI Kurtilas di SDN Galiran dapat meningkatkan efisiensi dan etos kerja. Kemudian mempersingkat waktu dalam proses evaluasi dan penilaian serta memberi kemudahan dalam pembuatan dokumen cetak yang diperlukan sebagai arsip.

Harapan ke depan bagi para guru, bisa meningkatkan profesionalisme dan kompetensi dengan memasukkan unsur-unsur teknologi informasi dan komunikasi ke dalam bidangnya. Sehingga kelak dapat dihasilkan guru yang melek teknologi dan mencetak calon pemimpin bangsa yang mampu berbicara baik di negeri sendiri maupun di kancah Internasional. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved