Breaking News:

Pendidikan

Tips Agar Anak menyukai Buku dan Senang Membaca

Keinginan agar anak menyukai buku dan senang baca sepertinya sulit untuk dilakukan. 

Editor: sujarwo
istimewa
Ilustrasi. Anak-anak membaca buku di perpustakaan Rumah Aksara Wilis Bersaudara Desa Teluk Wetan, Welahan, Jepara. Akhir pekan ini, tempat tersebut akan mengajarkan anak anak membuat wayang rotan gratis 

TRIBUNJATENG.COM - Pasti semua orang tua berharap anak-anaknya senang membaca buku.

Namun, di zaman yang kita anggap canggih, teknologi informasi dan komunikasi berkembang pesat, keinginan agar anak menyukai buku dan senang membaca sepertinya menjadi sesuatu yang sulit untuk dilakukan. 

Mereka sudah akrab dengan games atau video-video yang ada di youtube. Lalu kalau sudah seperti itu, kira-kira apa yang harus kita lakukan sebagai orang tua? 

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orang tua, agar anak menyukai dan senang membaca buku.

Hal-hal inilah yang kami lakukan di rumah kami, sehingga sampai dengan hari ini, anak kami yang berusia 5 tahun sangat suka dan senang membaca buku

Pertama, sediakan bahan bacaannya

Jika kita ingin anak-anak kita senang membaca buku, sediakan buku-bukunya. Buku bacaan bisa kita peroleh dengan beberapa cara, bisa membeli atau meminjam di perpustakaan. 

Biasanya anak-anak suka buku yang banyak gambarnya, atau berwarna warni. Ajak anak kita ke toko buku, supaya mereka bisa memilih sendiri buku apa yang mereka senangi. 

Sediakan bacaan yang sesuai dengan usianya, dan tempatkan buku-buku bacaan di berbagai tempat dan ruang di rumah kita, seperti di ruang keluarga, di ruang tamu dan di kamar tidur.

Pada tahap awal anak-anak kita tidak bisa membaca buku. Mereka hanya akan melihat gambar-gambarnya saja. 

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved