Breaking News:

Berita Karanganyar

Vaksinasi Door to Door di Karanganyar, Petugas Puskesmas Sambangi Warga Lansia & Berkebutuhan Khusus

Petugas Puskesmas Colomadu I Kabupaten Karanganyar melakukan vaksinasi dengan menyambangi rumah warga

Penulis: Agus Iswadi | Editor: galih permadi
dokumentasi Pemerintah Desa Paulan Kecamatan Colomadu.
Petugas puskesmas melakukan vaksinasi terhadap warga yang mengalami kendala dengan cara mendatangi rumah warga di Desa Paulan Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar, Jumat (8/10/2021).  

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Petugas Puskesmas Colomadu I Kabupaten Karanganyar melakukan vaksinasi dengan menyambangi rumah warga yang mengalami kendala seperti lansia dan warga berkebutuhan khusus. 

Kepala Puskesmas Colomadu I, Tri Sulistiyowati menyampaikan, vaksinasi dengan cara menyambangi rumah warga baru dimulai pada hari ini.

Pelaksanaan vaksinasi dilakukan di enam desa yang merupakan wilayah kerja Puskesmas Colomadu I. Meliputi Desa Gawanan, Gajahan, Malangjiwan, Ngasem, Bolon, dan Paulan. 

"Pertimbangan wilayah kita (Kecamatan Colomadu) kan vaksinasi, ada di kecamatan, puskesmas dan balai desa. Kemarin setelah dievaluasi ditanyakan ke kades ternyata banyak warga yang belum vaksin.

Alasannya sudah sepuh, tidak bisa jalan, terkendala ke tempat vaksinasi," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Jumat (8/10/2021). 

Sehingga dalam upaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, akhirnya dokter dan bidan desa menyambangi rumah warga.

Sasaran vaksinasi tersebut meliputi lansia dan warga berkebutuhan khusus. 

Dia menuturkan, dokter puskesmas dan bidan desa menyambangi rumah warga didampingi pihak RT, perangkat desa, kecamatan, Babinsa dan Babinkamtibmas serta Satpol PP kecamatan.

"Total ada 54 sasaran di enam desa hari ini. Rata-rata lansia," ucapnya. 

Lanjutnya, adanya vaksinasi dengan sistem jemput bola tersebut tidak menjadikan kendala bagi pihak puskesmas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga vaksinasi dan pelayanan lain di puskesmas tetap berjalan. 

"Nanti akan dilanjutkan, pendataan tingkat RT biar didata siapa yang belum divaksin karena ada kendala," ungkap Tri. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun, capaian vaksinasi dosis pertama di Kabupaten Karanganyar telah mencapai 72 persen dari sasaran yang ditentukan sejumlah 733.359 sasaran. (Ais).

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved