Breaking News:

Berita Jepara

Cerita Edi Sulton Kembangkan Jambu Air Khas Jepara

Puluhan tahun lalu, sekira tahun 80-an pernah terkenal jambu air asal Jepara. Pamor jambu asal Kota Ukir itu meredup setelah serbuan jambu Demak. Dita

Penulis: Muhammad Yunan Setiawan | Editor: m nur huda
TRIBUNJATENG/YUNANSETIAWAN
Salah seorang pegiat tanaman dari Komunitas Jambu Mania, Edi Sulton memamerkan jambu air Darsono. 

TRIBUNJATENG.COM, JEPARA - Sekira tahun 1980an, pernah terkenal jambu air asal Jepara. Pamor jambu asal Kota Ukir itu meredup setelah serbuan jambu Demak. Ditambah juga kedatangan jambu impor.

Jambu air legendaris asal Jepara coba dikenalkan kembali. Salah seorang pegiat tanaman dari Komunitas Jambu Mania, Edi Sulton mengatakan, jambu air Jepara biasa dikenal denhan nama jambu Darsono.

"Di era 80an jambu ini banyak dimiliki oleh kebanyakan masyarakat Jepara. Tidak sengaja saya jalan-jalan. Ada tiga orang di tiga desa yang saya temui masih mempunyai tanaman jambu Darsono yaitu warga desa Ngasem Batealit, warga Sowan lor kedung dan warga Bringin Batealit" ujar Edi kepada Tribun Jateng, Sabtu (9/10/2021).

Menurutnya, jambu Darsono ini tekstur dagingnya lunak tidak renyah seperti madu Deli hijau, citra ataupun delima. Ukuran buah sedang. Dan rasa buah pun manis ada asam segar. 

Tiap buah dalam satu pohon berbeda-beda, tinggal dari warnanya. Masih muda agak hijau, kemudian agak hijau kecoklatan ini biasnya warnanya mulai manis dan paling tua merah dengan rasa manis ada paduan asam jadi manis-manis segar.

"Buah jambu air Darsono ini tangkainya pendek jadi terlihat seperti bergerombol di dahan dan cukup lebat. Produktivitas buah bagus, tingkat kerontokan juga agak rendah berbeda dengan delima," imbuhnya.

Pria yang akrab disapa Sulton itu mengatakan dalam waktu dekat ini akan memperbanyak pohon induk pohin jambu air Darsoni.

Edi Sulton ini juga dalam waktu dekat akan memperbanyak buat pohon induk pohon jambu  air Darsono. 

"Ini sebagai upaya untuk melestarikan jambu air legendaris asal Jepara," tandasnya.(yun)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved