Breaking News:

Guru Berkarya

Mind Mapping Cara Mudah Menulis Descriptive Text

Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang digunakan untuk menyampaikan pesan, mengungkapkan gagasan, dan pikiran yang mudah dipahami.

Penulis: Abduh Imanulhaq | Editor: abduh imanulhaq
IST
Sri Bangun SPd, Guru SMP SATAP Kaliombo Kab Pekalongan 

Oleh: Sri Bangun SPd, Guru SMP SATAP Kaliombo Kab Pekalongan

MENULIS merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang digunakan untuk menyampaikan pesan, mengungkapkan gagasan, dan pikiran yang mudah dipahami pembacanya. Pada pembelajaran menulis, tujuan akhirnya adalah menghasilkan produk berdasarkan jenis teks. Peserta didik diharapkan dapat memahami ciri-ciri dari suatu teks dan dapat mengekspresikannya dengan kosa kata serta tata bahasa yang sesuai. Salah satu kompetensi dasar mata pelajaran Bahasa Inggris kelas 7 SMP yaitu menulis teks deskriptif. Kata deskriptif mempunyai arti melukiskan. Menurut Suparno (2002:5) teks deskriptif adalah karangan yang melukiskan sesuatu sesuai dengan keadaan yang sebenarnya sehingga pembaca dapat mencitrai (melihat, mencium, mendengar, dan merasakan) apa yang dilukiskan penulis.

Fakta yang terjadi di SMP SATAP Kaliombo adalah peserta didik merasa bingung ketika diminta mulai menulis. Banyak dari peserta didik yang susah menentukan tema dari teks deskriptif yang akan dibuat. Ketika sudah menentukan tema dan mulai menulis, beberapa dari mereka berhenti di tengah. Jika ditanya, mereka menjawab susah. Padahal, guru sudah memberikan contoh teks deskriptif dan sudah dijelaskan struktur serta ciri kebahasaannya. Tetapi, peserta didik diam dan tidak menanyakan apapun. Hasilnya, nilai menulis teks deskriptif masih sangat rendah. Masalah ini bisa jadi disebabkan karena guru kurang dalam membimbing penulisan teks deskriptif. Selesai menjelaskan, guru langsung memberi tugas tanpa membimbing dari penentuan ide pokok dan membuat kerangka karangan. Peserta didik juga kesulitan memilih vocabulary yang sesuai. Bahkan, masih banyak yang keliru dalam menuliskan kata dengan bentuk present tense.

Masalah tersebut perlu segera diatasi. Metode mind mapping merupakan metode yang tepat untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskriptif. Mind mapping merupakan teknik penyusunan catatan untuk membantu seseorang menggunakan seluruh potensi otak agar optimal. Menurut Tsironis (2007:35) mind mapping merupakan cara yang bisa membuat tugas yang membosankan menjadi menyenangkan serta menarik, sehingga bisa mengoptimalkan konsentrasi dan daya ingat. Fungsi dari metode mind mapping adalah meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan pemahaman.

Penerapan mind mapping dalam menulis teks deskriptif dijabarkan dalam langkah-langkah berikut. Pertama, guru menyampaikan apersepsi dan tujuan pembelajaran. Kedua, guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan. Ketiga, guru meminta peserta didik memerhatikan benda-benda yang ada di kelas. Keempat, peserta didik memilih dan menuliskan objek yang akan diamati. Selanjutnya, peserta didik menuliskan kata kunci berdasarkan objek yang diamati. Peserta didik menyusun kata kunci yang sudah dicatat menjadi sebuah kalimat. Kalimat tersebut dirangkai menjadi teks deskriptif yang utuh sesuai dengan struktur dan kaidah kebahasaannya.

Penggunaan metode mind mapping memudahkan peserta didik dalam melihat gambaran besar suatu ide. Mind mapping mampu meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengingat, berkonsentrasi, membuat catatan sekaligus menulis teks deskriptif. Peserta didik tidak lagi berhenti di tengah-tengah saat menulis karena sudah mempunyai kerangka dari awal hingga akhir. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved