Breaking News:

Guru Berkarya

Pentingnya Motivasi dalam Pembelajaran Masa Pandemi

Motivasi dalam pembelajaran sangatlah penting dan diperlukan oleh siswa. Berbagai tugas terkadang akan membuat lelah dan merasa jenuh.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Dewi Zuliani SPd Mpd, Guru SDN Pegandan 01 Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati 

Oleh: Dewi Zuliani SPd MPd, Guru SDN Pegandan 01 Kec Margorejo Kab Pati

MOTIVASI dalam pembelajaran sangatlah penting dan diperlukan oleh siswa. Berbagai tugas terkadang akan membuat lelah dan merasa jenuh. Entah itu dirasakan oleh siswa ataupun orang tua karena ketika kabupaten Pati sedang berada pada masa pandemi covid-19, semua siswa tingkat Sekolah Dasar (SD) di semua sekolah melakukan pembelajaran secara daring atau dilakukan dengan cara pembelajaran jarak jauh.

Pembelajaran jarak jauh yang dipilih oleh guru juga beraneka ragam. Ada yang memanfaatkan aplikasi WhatsApp (WA) dalam pembelajaran daring. Dengan menggunakan WA, guru dan siswa membuat Grup kelas. Selain WA, bisa juga menggunakan aplikasi Zoom untuk melakukan pembelajaran tatap muka secara virtual. Apapun aplikasi yang digunakan, tujuannya adalah agar dalam pembelajaran bisa terjadi komunikasi yang efektif antara guru dan siswa.

Sebagai seorang guru, selain tugasnya mengajar ketika pembelajaran, guru juga mempunyai tugas untuk mendidik siswanya. Ketika proses mendidik itulah, butuh sentuhan untuk siswa agar siswa merasa mendapatkan perhatian dari seorang guru. Tak hanya mendapatkan nilai, tetapi juga bimbingan dalam proses pembelajaran itu sendiri.

Mengingat masa pandemi yang belum juga berakhir, rasa resah dan keluh kesah dari orang tua siswa tentunya ada. Oleh karena itu, siswa yang menjalani pembelajaran sangatlah membutuhkan motivasi agar tetap semangat mengikuti pembelajaran dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh guru terkait motivasi kepada siswa.

Motivasi dari guru bisa berupa upaya guru untuk meminta dukungan orang tua siswa agar memantau siswa yang sedang belajar di rumah. Mengingatkan siswa tetap belajar ketika di rumah. Selain melalui orang tua, guru bisa memberikan motivasi kepada siswa melalui Grup WA kelas dengan cara memberikan penguatan secara langsung di Grup. Penguatan yang dilakukan oleh guru dengan maksud memberikan tanggapan terhadap jawaban siswa, tugas-tugas, dan aktivitas yang dilakukan oleh siswa.

Menurut Hasibuan dalam bukunya yang berjudul Proses Belajar Mengajar (2009), komponen-komponen penguatan diantaranya adalah penguatan verbal, gestural, dengan cara mendekati, dengan sentuhan, memberikan kegiatan yang menyenangkan, berupa tanda atau benda.

Implementasi dari motivasi kepada siswa adalah ketika guru memberikan penguatan kepada siswa kelas tiga SDN Pegandan 01 Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati materi tentang pertumbuhan dan perkembangbiakan makhluk hidup. Misalnya saja ketika siswa mengerjakan tugas tepat waktu, yaitu tugas online melalui google form, setelah mengecek hasil tugas siswa, guru sesegera mungkin melakukan japri (jaringan pribadi) ke WA siswa tersebut dengan berkata bahwa, “Bagus sekali, sudah mengerjakan tugas tepat waktu. Tetap semangat ya!” Tak hanya melalui kata-kata saja, yang termasuk penguatan verbal, guru juga bisa memberikan penguatan melalui tanda jempol yang menunjukkan bagus.

Jadi, dengan adanya motivasi tersebut akan membuat siswa merasa bahwa tugasnya benar-benar dinilai dan dihargai. Jika tugas yang sudah diselesaikan mendapatkan penguatan, umpan balik, mendapatkan nilai langsung, siswa mengetahui hasil dari tugas yang dikerjakannya, tentunya ketika ada tugas lagi akan membangkitkan semangat belajar lagi. Oleh karena itu, pada masa pandemi ini, motivasi sekecil apapun sangat penting untuk diberikan kepada siswa, walaupun itu hanya berupa kata-kata dan tanda jempol saja. (*) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved