Breaking News:

Berita Semarang

Peringati Kesaktian Pancasila, Langgeng: 5 Level Standar Pancasila Perlu Dikenalkan ke Generasi Muda

Acara tersebut bagian dari rangkaian memperingati Hari Kesaktian Pancasila pada 1 Oktober kemarin yang dilakukan secara virtual

Penulis: iwan Arifianto | Editor: muslimah
DOK PCTA-Indonesia Jawa Tengah.
DPD PCTA-Indonesia Jawa Tengah menggelar Seminar Nasional Kebangsaan di Joglo Prambanan, Jalan Prambanan I Kav 202, Kalipancur Semarang, Jumat (8/10/2021) malam. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Persaudaraan Cinta Tanah Air Indonesia (PCTA-Indonesia) Jawa Tengah menggelar Seminar Nasional Kebangsaan di Joglo Prambanan, Jalan Prambanan I Kav 202, Kalipancur Semarang, Jumat (8/10/2021) malam.

Acara tersebut bagian dari rangkaian memperingati Hari Kesaktian Pancasila pada 1 Oktober kemarin yang dilakukan secara virtual.

Kegiatan itu diikuti oleh  300 anggota PCTA dari berbagai daerah di Indonesia.

Narasumber pertama Analis Kebijakan Biro Dalpers SSDM Polri Kombes Pol Langgeng Purnomo, memaparkan,  memahami pancasila ini supaya bisa dalam taraf aktualisasi harus dengan rasa dan jangan hanya berdasarkan pengetahuan saja.

Lantaran pengetahuan tersebut hanya tiga puluh persen dan yang tujuh puluh persen yaitu dengan rasa supaya bisa memunculkan menguatkan nilai-nilai Pancasila secara efektif.

"Apa yang dilakukan kita oleh orang Indonesia ini adalah wujud dari kebaikan aktualisasi nilai - nilai dari pancasila," ujarnya dalam paparan virtual tersebut.

Menurutnya, ada lima tahapan atau level dari wujud yang distandarkan menjadi konsep sebuah kajian bersama supaya bisa menjadi standart tentang perilaku yang baik. 

Dimulai dari yakin, percaya, konsepsus tentang pancasila.

Level kedua sudah mengarah ke aktualisasi yaitu melakukan dengan nilai - nilai Pancasila.

Level tiga yaitu mengajak, namun kalau sampai melakukan pelanggaran itu menjadi level nol sehingga membiasakan berbuat kebaikan sesuai karakter bangsa.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved