Breaking News:

Berita Karanganyar

 Umbul Donga 100 Hari Wafatnya Ki Manteb Soedharsono Digelar Wayang Kulit

Peringatan 100 hari wafatnya Ki Manteb tersebut juga disiarkan secara langsung melalui media sosial

Penulis: Agus Iswadi | Editor: muslimah
TribunJateng.com/Agus Iswadi
Ki Cahyo Kuntadi mementaskan lakon Acharya Sudarsana dalam rangka doa bersama serta memperingati 100 hari wafatnya Ki Manteb Soedharsono di Sanggar Bima Desa Doplang Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar, Jumat (8/10/2021) malam. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Umbul donga atau mengirimkan doa bertepatan 100 hari wafatnya dalang kondang Ki Manteb Soedharsono digelar di Sanggar Bima yang terletak di Dusun Sekiteran RT 2 RW 8 Desa Doplang Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar, Jumat (8/10/2021) malam.

Peringatan 100 hari wafatnya Ki Manteb tersebut juga disiarkan secara langsung melalui media sosial.

Doa bersama ini digelar berkat kerja sama beberapa pihak seperti Sanggar Bima yang merupakan rintisan dari Ki Manteb, Pemkab Karanganyar dan Seniman Karanganyar (Sekar).

Dalam kesempatan itu tembang serta langgam karya Ki Manteb turut dipentaskan oleh para pengrawit dan sinden sebelum dimulainya pentas wayang kulit.

Pementasan wayang kulit dengan Lakon Acharya Sudarsana dimainkan oleh tiga dalang secara bergantian untuk mengenang sosok yang dijuluki dalang setan tersebut.

Tiga dalang itu yakni Ki Cahyo Kuntadi, Ki Sutoyo dan Ki Waluyo Notocarito.

Anak kelima dari Ki Manteb, Danang Suseno menyampaikan, acara ini digelar untuk mendoakan  Ki Manteb sekaligus melestarikan wayang kulit.

"Sebelumnya telah dilakukan doa bersama dulu. Besoknya masih ada pementasan wayang dari Ki Gunarto di sini (Sanggar Bima), temanya sama umbul donga," katanya kepada Tribunjateng.com.

Bertepatan dengan serangkaian HUT ke-104 Kabupaten Karanganyar, nantinya juga akan digelar pementasan wayang kulit di beberapa titik termasuk di Sanggar Bima milik Ki Manteb.

Ditemui usai acara, Ki Cahyo Kuntadi mengatakan, lakon yang dibawakan malam ini merupakan gambaran dari sosok Ki Mantep. Lanjutnya, semua orang mengenal almarhum sebagai empu serta dalang legendaris yang memiliki jiwa pendidik.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved