Breaking News:

Guru Berkarya

Memahami Simbol dan Makna Pancasila dengan LKS Interaktif

Adapun materi yang dipelajari dalam LKS interaktif kali ini adalah menghubungkan simbol dengan makna nilai-nilai Pancasila.

Editor: abduh imanulhaq
TRIBUN JATENG
Kurniawati SPdSD, Guru SDN 01 Tanjungsari Sugih Waras Kab Pemalang 

Oleh : Kurniawati SPdSD, Guru SDN 01 Tanjungsari Sugih Waras Kab Pemalang

PANCASILA sebaga dasar pedoman berbangsa dan bernegara memiliki lima simbol disertai maknanya masing-masing. Simbol-simbol tersebut saling berhubungan dengan makna nilai-nilai Pancasila.

Berdasarkan PP No 66/1951, sila pertama melukiskan cahaya berbentuk bintang bersudut lima. Kemudian sila kedua kepala banteng sebagai lambang tenaga rakyat.

Sila ketiga, pohon beringin sebagai tempat berlindung, sila keempat tali rantai bermata bulatan dan persegi. Adapun sila kelima dilambangkan dengan kapas dan padi sebagai tanda tujuan kemakmuran. 

Mempelajari simbol dan makna Pancasila sejak dini menjadi salah satu upaya untuk memperkenalkan Dasar Negara Pancasila. Salah satunya telah dilaksanakan di SDN 01 Tanjungsari, Kec Sugih Waras, Kab Pemalang yaitu di bangku kelas 4. Simbol dan makna Pancasila diajarkan di KD 3.1 Sub Tema 2 pembelajaran ke 2 yaitu memahami hubungan simbol dengan makna sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari dengan materi pembelajaran nilai-nilai Pancasila.

Dengan mempelajari materi KD 3.1 yang berkaitan dengan hubungan simbol dengan makna Pancasila dapat memperkenalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila yang bisa dihayati dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk memudahkan anak mengenali hubungan simbol dengan makna nilai-nilai Pancasila guru dapat menggunakan media belajar yang cocok.

Hal ini dikarenakan hasil belajar siswa di tahun ajaran sebelumnya yang berkaitan dengan simbol dan nilai Pancasila masih belum maksimal. Salah satunya dikarenakan media pembelajaran yang digunakan guru sekadar teks bacaan.

Oleh karena itu, untuk memperbaiki kondisi tersebut, di pembelajaran kali ini guru menggunakan media belajar yang lebih cocok jika diterapkan dalam materi hubungan simbol dengan makna Pancasila yaitu melalui media LKS interaktif dengan memanfaatkan fitur liveworksheets. Menurut Darusman (2008) lembar kerja siswa adalah lembar yang berisi pedoman bagi siswa untuk melakukan kegiatan yang telah diprogram, mencakup instruksi, bimbingan, dan pertanyaan berkaitan dengan pemahaman, sehingga siswa dapat memperluas dan mempermudah pemahaman mereka tentang meteri yang dipelajari.

Adapun materi yang dipelajari dalam LKS interaktif kali ini adalah menghubungkan simbol dengan makna nilai-nilai Pancasila. Hal-hal yang harus dipersiapkan oleh guru di antaranya pastikan guru telah memiliki akun di website Liveworksheet.

Kedua, siapkan bahan LKS hubungan simbol dengan makna nilai Pancasila di Microsoft Word dengan ukuran maksimal 5 MB. Ketiga, upload file Microsoft Word yang sudah dibuat dalam format pdf kemudian modifikasi dengan format interaktif.

Keempat, jika sudah selesai klik review untuk meneliti kembali hasil LKS yang sudah dimodifikasi. Terakhir, simpan LKS interaktif untuk kemudian dibagikan kepada masing-masing siswa melalui grup pembelajaran.

Dengan menggunakan LKS interaktif sebagai salah satu media pembelajaran ternyata mampu meningkatkan partisipasi siswa dalam menghubungkan materi simbol dengan makna nilai-nilai Pancasila. Anak menjadi lebih memahami materi tersebut terlihat dari hasil umpan balik jawaban yang sudah dikerjakan oleh siswa hampir semua anak telah melampui kriteria ketuntasan minimal. Dengan kondisi ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi siswa untuk senantiasa mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved