Breaking News:

Guru Berkarya

Metode Gallery Walk Tingkatkan Hasil Belajar IPA

IPA merupakan salah satu mata pelajaran dengan disiplin ilmu yang sangat kompleks, keilmuannya bersentuhan langsung dengan kehidupan sehari-hari.

Editor: abduh imanulhaq
TRIBUN JATENG
Oleh: Naelul Faizah SPd, Guru SDN 02 Rowosari Kab Pemalang 

Oleh: Naelul Faizah SPd, Guru SDN 02 Rowosari Kab Pemalang

PEMBELAJARAN merupakan proses bagi guru untuk membimbing dan menyediakan berbagai kesempatan yang dapat mendorong siswa untuk terus belajar agar memperoleh pengalaman yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, tak terkecuali dalam pembelajaran IPA. IPA merupakan salah satu mata pelajaran dengan disiplin ilmu yang sangat kompleks, keilmuannya bersentuhan langsung dengan kehidupan sehari-hari.

Pembelajaran IPA di tingkat sekolah dasar, lebih menekankan pada pemberian langsung untuk mengembangkan kompetensi siswa agar dapat menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Hal tersebut berguna untuk memberikan kemudahan bagi siswa untuk melakukan kegiatan belajar secara aktif dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran (Hamalik, 1994: 69).

Idealnya, pembelajaran IPA ditunjang dengan pengamatan dan percobaan, sehingga nantinya dapat memberikan pemahaman konsep yang kuat bagi siswa. Hal ini dijabarkan pada kompetensi dasar (KD 3.1) Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan.

Permasalahan dalam pembelajaran IPA yang terjadi di SDN 02 Rowosari hampir sama seperti permasalahan pembelajaran pada umumnya, yaitu dominan masih berpusat pada metode ceramah. Selain itu, cara penyajian materi kepada siswa yang kurang menyenangkan dan kurang melibatkan siswa secara langsung. Sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa kurang maksimal. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata sebesar 63,75 dan persentase ketuntasan sebesar 55%.

Hasil belajar termasuk tidak memuaskan sesuai dengan nilai rata-rata yang tidak memenuhi KKM sebesar 70 dan persentase ketuntasan yang tidak memenuhi ketuntasan minimal sebesar 75%. Permasalahan tersebut harus segera diatasi dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat, salah satu metode yang dapat digunakan yaitu metode gallery walk.

Menurut Desi Dwi (2010: 3) metode gallery walk merupakan salah satu dari model pembelajaran active learning, merupakan model pembelajaran berbasis kelompok. Masing-masing anggota kelompok nantinya mendapat kesempatan untuk memberikan kontribusi mereka dan mendengarkan pandangan serta pemikiran anggota lainnya.

Langkah pembelajaran menggunakan metode ini yaitu siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok (setiap kelompok terdiri dari 4-6 orang). Kedua, setiap kelompok diberi kertas plano atau flip chart.

Ketiga, siswa diberikan studi kasus sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar untuk penentuan topik/tema. Keempat, siswa diminta berdiskusi mengenai materi perkembangbiakan hewan dan tumbuhan.

Kelima, siswa diberikan kesempatan menyiapkan hasil karyanya untuk dipamerkan ke kelompok lain. Keenam, masing-masing kelompok secara bergantian mengamati hasil karya kelompok lain dan memberikan komentar pada hasil kerja kelompok lain.

Ketujuh, siswa mempresentasikan hasil karya kelompoknya secara bergantian. Kedelapan, guru memberi kesempatan untuk membahas pertanyaan yang diajukan oleh kelompok lain serta mempresentasikan kembali materi. Terakhir, siswa bersama guru menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran.

Setelah menggunakan metode pembelajaran Gallery Walk pada mata pelajaran IPA tepatnya materi perkembangbiakan hewan dan tumbuhan pada kelas VI di SDN 02 Rowosari, didapatkan hasil bahwa metode tersebut terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Hasil belajar siswa awalnya rata-rata hanya sebesar 63,75 dan persentase ketuntasan sebesar 55%.

Pada siklus I, nilai rata-rata sebesar 73,75 dan persentase ketuntasan sebesar 70%, hasil belajar meningkat, namun belum optimal. Hasil belajar pada siklus II, nilai rata-rata sebesar 86,875 dan persentase ketuntasan sebesar 90% sehingga hasil belajar siswa meningkat secara optimal. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved