Breaking News:

Guru Berkarya

Portal Rumah Belajar Solusi Belajar di Masa Pandemi

Portal ini dapat diakses secara gratis tanpa biaya sama sekali untuk seluruh jenjang pendidikan dari PAUD hingga SMA-SMK.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Muhammad Zamzam RSA SPd, Guru SDN Pucakwangi 02 Kabupaten Pati 

Oleh: Muhammad Zamzam RSA SPd, Guru SDN Pucakwangi 02 Kabupaten Pati

PANDEMI Covid-19 menyebabkan perubahan yang sangat besar di segala lini kehidupan seperti kesehatan, bisnis, pelayanan masyarakat termasuk di dalamnya adalah pendidikan. Kondisi pandemi ini menyebabkan perubahan yang sangat besar dalam bidang pendidikan.

Kegiatan pembelajaran yang biasanya dilaksanakan secara tatap muka yang penuh dengan interaksi antara guru dan siswa diruang kelas, harus berubah menjadi kegiatan daring dengan memanfaatkan aplikasi seperti zoom, google meet, dan aplikasi video call lainnya.  secara tidak langsung hal ini juga menyebabkan siswa dituntut untuk lebih aktif dalam mencari sumber-sumber pembelajaran yang ada.

Untuk mengatasi kendala dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran selama pandemi, tak jarang siswa dan orang tua mendaftar pada aplikasi layanan belajar berbayar.

Bagi siswa dengan kondisi ekonomi yang cukup, hal ini tentu saja tidak menjadi masalah. Namun bagi siswa dengan kondisi ekonomi yang jauh dari kata cukup tentu saja menjadi masalah yang cukup pelik.

Untuk mengatasi hal tersebut, ternyata sebelum masa pandemi berlangsung, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) melalui  Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemdikbudristek telah membuat portal yang berisi berbagai video pembelajaran, multimedia pembelajaran, kelas maya, bank soal, laboratorium maya dan juga kumpulan modul digital.

Portal ini dapat diakses secara gratis tanpa biaya sama sekali untuk seluruh jenjang pendidikan dari PAUD hingga SMA-SMK.

Nurhayati (2014) mengemukakan bahwa Portal Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran resmi yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada url http://belajar.kemdikbud.go.id Portal Rumah Belajar memiliki sejumlah fitur yang dapat dimanfaatkan oleh siswa maupun guru dalam kegiatan pembelajaran.

Fitur utama Rumah Belajar antara lain: Sumber Belajar; Buku Sekolah Elektronik (BSE); Bank Soal; Laboratorium Maya; Peta Budaya; Wahana Jelajah Angkasa;  Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan; dan Kelas Maya. Selain fitur utama yang sudah dijelaskan tadi, ada pula beberapa fitur pendukung bagi guru yang gemar berkreasi, yaitu: Karya Komunitas;  Karya Pendidik; dan Karya Bahasa dan Sastra. Semua konten dan media pembelajaran yang ada didalam  Portal Rumah Belajar dapat dimanfaatkan oleh pendidik, peserta didik, dan masyarakat dalam melakukan kegiatan belajar setiap saat. Guru dan siswa hanya perlu mendaftar melalui email yang dimiliki.

Guru ataupun siswa dapat mencari video pembelajaran dengan cara mengakses portal tersebut dan memilih fitur sumber belajar. Misalnya ketika siswa SD kelas 5 mencari materi pada tema 8, subtema 1 mengenai siklus air.

Maka siswa tinggal memasukan keyword siklus air pada fitur pencarian, maka berbagai konten pembelajaran mengenai siklus air akan tampil. Konten ini dapat dinikmati secara gratis serta dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Sehingga melalui portal Rumah Belajar dapat menjadi solusi belajar siswa dimasa pandemi yang tidak memberatkan bagi keluarga siswa-siswa di Indonesia. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved